Politik

Legislator Tarung Pilkada Konsel Belum Mundur

KENDARINEWS.COM — Tiga pasangan Calon (Paslon) bupati dan wakil bupati yang berlaga di Pilkada Konawe Selatan (Konel) telah ditetapkan. Dari jumlah itu, ada tiga figur yang masih menyandang status legislator, belum mundur secara permanen dari takhta DPRD. Mereka adalah Muh. Endang (Wakil Ketua DPRD Sultra), Rasyid (anggota DPRD Sultra) dan Senawan Silondae (anggota DPRD Konsel).

Ketua KPU Konsel Aliudin mengungkapkan, setelah dilakukan pengumuman pendaftaran hingga penetapan pasangan calon, lembaganya menetapkan tiga Paslon yang sah. Muhammad Endang-Wahyu Ade Pratama, H Surunuddin Dangga-Rasyid, dan Rusmin Abdul Gani-Senawan Silondae.

“Dari ketiga pasangan calon itu, tiga diantaranya berasal dari legislatif. Mereka belum menyerahkan surat mundur. Sementara surat cuti petahana sudah diterima KPU,” ungkapnya saat pleno penetapan paslon di Hotel Wonua Monapa kecamatan Ranomeeto (23/09).

Dalam ketentuan pendaftaran, kata dia, ada syarat calon dan syarat pencalonan. Sementara untuk mundur dan cuti masuk syarat calon. Meski sudah ditetapkan sebagai calon, KPU berikan kesempatan lima hari pasca ditetapkan sebagai paslon untuk menyampaikan surat mundurnya masing-masing. “Dasar pengunduran diri itu dibuktikan tanda terima dari DPRD, dan pernyataan atau pengakuan dari pihak yang berwenang. Kalau sampai lima hari pasca penetapan dan belum menyerahkan, berarti itu pertanda tidak ada niat. KPU akan mengkaji terkait sanksinya, dan kemungkinan terburuk bisa berdampak pada pembatalan atau diskualifikasi,” tegas Aliudin. (kam/b)

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Berita Terbaru Lainnya

To Top