Legislator Gowa Belajar di Kendari

Metro Kendari
Ketgam : Sekwan DPRD Kendari, Syam Alam (ketiga dari kiri) mendampingi Ketua Komisi I DPRD Gowa, Muslimin (keempat dari kiri) bersama jajaran sempatkan foto bersama usai berdiskusi membahas tupoksi komisi I di Ruang Aspirasi DPRD Kendari, kemarin

KENDARINEWS.COM–Sekretariat Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kendari kembali kedatangan tamu istimewa, kemarin. Mereka adalah rombongan anggota Komisi I DPRD Kabupaten Gowa, Provinsi Sulawesi Selatan. Kedatangan legislator asal provinsi tetangga itu dalam studi komparatif peningkatan wawasan anggota.

Sekretaris Dewan (Sekwan) DPRD Kendari, Syam Alam menyambut baik kedatangan para legislator asal Gowa tersebut. Menurutnya, kedatangan mereka menjadi bukti bahwa pelaksanaan Tugas Pokok dan Fungsi (Tupoksi) Komisi I DPRD Kendari sudah berjalan dengan baik.

“Semua yang berkaitan dengan politik dan pemerintahan sudah berjalan dengan baik. Hubungan antara eksekutif dan legislafif juga harmonis sehingga banyak dari parlemen lain ingin belajar di Kendari,” kata Syam Alam, usai menerima rombongan legislator Gowa, Jumat (25/6).

Pada sisi lain, pihaknya juga memberikan peparan atas beberapa pertanyaan dari aleg asal Gowa seperti tata cara penyusunan Rancangan Peraturan Daerah (Raperda) dan raperda apa saja yang sementara digodok saat ini.

“Kami sampaikan bahwa dalam proses penyusunan raperda, pihaknya selalu melibatkan pihak eksekutif yang diwakili OPD (Organisasi Perangkat Daerah) terkait. Sementara untuk raperda yang saat ini tengah dibahas khususnya raperda inisiatif DPRD yakni raperda tentang narkoba, jasa konstruksi, dan mekanisme penyusunan perda” kata Syam Alam.

Pada kesempatan yang sama, Ketua Komisi I DPRD Gowa, Muslimin, mengapresiasi hubungan baik yang tejalin antara lembaga eksekutif dengan legislatif Kota Kendari. Menurutnya, kondisi itu sangat baik jika dibandingkan dengan beberap daerah lain yang kurang harmonis, yang kemudian berdampak terhadap perumusan kebijakan.

“Ini sangat positif bagi kami untuk kemudian diterapkan di Kabupaten Gowa. Selain mendapatkan ilmu, tentu kunjungan kita ini untuk semakin meningkatkan hubungan silaturahim,” kata Muslimin. (ags)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *