Metro Kendari

Layani 5.713 Akseptor, BKKBN Sultra Ukir Prestasi


KENDARINEWS.COM — Badan Kependudukan dan Keluarga Berencana Nasional (BKKBN) Sultra kembali mengukir prestasi di tingkat nasional. Kali ini, lembaga yang dipimpin Dr. Asmar menduduki peringkat kelima pada pekan pelayanan KB di perayaan Hari Kontrasepsi se-dunia tahun 2020. Capaian ini mengulang kesuksesan BKKBN yang juga meraih penghargaan pada perayaan Hari Keluarga Nasional (Harganas) bulan Juni lalu.

Kepala BKKBN Sultra, Dr. Asmar mengatakan pencapaian prestasi lima besar nasional bukan semata-mata kerja keras BKKBN saja, namun berkat dukungan Pemda se-Sultra. Termasuk stakeholder lainnya yang ikut serta bersinergi dalam mengsukseskan berbagai program-program BKKBN. “Saya ingin mengapresiasi semua pihak yang telah bekerja keras dan menjaga kekompakan. Mulai petugas lapangan, penyuluh KB, dukungan pemerintah kabupaten/kota serta mitra terkait lainnya seperti TNI Polri,” kata Asmar kemarin.

Pada bulan bakti pelayanan KB kontrasepsi, Sultra diberi target sebanyak 2.880 layanan terdiri 629 KB IUD dan 2.251 KB implant. Hingga hari terakhir layanan bisa mencapai 5.713 layanan terdiri 521 KB IUD dan 5.192 KB implant atau mencapai 198,4 persen,” tandasnya.

Momentum Hari Kontrasepsi sedunia kata dia, bisa menjadi ajang sarana untuk lebih menggugah kesadaran masyarakat tentang pentingnya kehamilan yang terencana secara baik dan tepat. Sehingga dapat membentuk keluarga yang berkualitas. Yang tak kalah pentingnya yakni dukungan dari para mitra dalam pelaksanaan Program Bangga Kencana (PBK).

“Stimulus kesadaran masyarakat tentang kehamilan yang direncanakan, sangat penting. Khususnya penggunaan kontrasepsi pada pasangan usia subur (PUS), dalam rangka menunda, mengatur jarak kelahiran,” terangnya.

Asmar menjelaskan menggaungkan sosialisasi penggunaan kontrasepsi serta edukasi mengenai seksualitas dan reproduksi sangat fundamental dan penting. Serta jalinan sinergi dan komitmen dukungan dari para mitra dalam pelaksanaan PBK. Untuk lebih meningkatkan aktualisasi program serta mewujudkan target-target besar yang ingin dicapai kedepan. (b/m6).

Bulan Bakti Pelayanan KB Kontrasepsi di Sultra

  1. Target 2.880 Layanan
    -629 KB IUD
    -2.251 KB Implant
  2. Terealisasi 5.713 Layanan
    -521 KB IUD
    -5.192 KB Implant
Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Berita Terbaru Lainnya

To Top