Metro Kendari

Layanan Drive Thru Mulai Beroperasi, Sehari Hasilkan Rp 25 Juta

KENDARINEWS.COM — Setelah melakukan pemantapan, layanan Samsat Drive Thru mulai beroperasi. Dengan hadirnya layanan ini, masyarakat memiliki banyak pilihan untuk membayar pajak kendaraan bermotor (PKB). Sejauh ini, progresnya cukup memuaskan. Pada hari pertama, dana yang masuk ke kas daerah Rp 25 juta.

“Kemarin (9/9) sudah mulai beroperasi. Jadi sekarang baik di atas mobil maupun motor sudah bisa dilayani. Awal dibuka, kita dapat pemasukan kurang lebih Rp 25 juta, ” kata Yusuf Mundu Kepala Badan Pendapatan Daerah (Bapenda) Sultra.

Untuk mengindari antrian di loket kantor Samsat, wajib pajak yang ingin melunasi kewajibannya bakal dialihkan ke drive thru. Hanya saja, layanan masih sedikit lambat. Sebab mesin printer yang dipesan belum datang. “Kita masih gunakan printer kecil jadi agak sedikit lambat. Tapi lumayan lah, pelayanan saat ini bisa lima sampai enam menit. Tapi target kita pelayanan bila alatnya sudah tiba bisa 3-4 menit, ” bebernya.

Bila layanan ini menunjukkan progres positif, kemungkinan bakal di bangun di beberapa daerah lainya di Sultra. “Bisa jadi bila ada dana cukup kita bakal buat di daerah. Tapi ini pyur inovasi Bapenda kerjasama pihak ketiga. Bayangkan saja bila samsat Drive thru dibuat lima, sehari kita bisa dapat 100 juta. Setahun bisa kurang lebih 300 miliar. Padahal modalnya hanya Rp 5 miliar, “jelasnya.

Ia berharap dengan beragam inovasi yang dilakukan dapat mendorong masyarakat terus aktif dalam membayar pajaknya. “Inovasi yang kita lakukan untuk mendekatkan para wajib pajak membayar pajaknya. Dengan begitu pendapatan daerah melalui sektor itu bisa lebih optimal, ” pungkasnya. (c/rah)

Samsat Drive Tru
-Layanan Pembayaran PKB
-Pemasukan Hari Pertama Rp 25 Juta
-Layanan Hanya 5 Menit
-Berencana Tambah di Daerah Lain

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Most Popular

To Top