HEADLINE NEWS

Laboratorium Mineral Nikel Milik PT Jasa Mutu Mineral Indonesia Hadir di Kendari

Laboratorium Mineral Nikel milik PT Jasa Mutu Mineral Indonesia hadir di Kota Kendari. Hal itu ditandai dengan acara peresmian yang dilakukan langsung oleh Wali Kota Kendari, Sulkarnain Kadir, Rabu (16/6/2021), bertepatan dengan hari jadi ke-12 tahun PT Jasa Mutu Mineral Indonesia.

Orang nomor satu di Kota Kendari itu mengapresiasi dan menyambut baik kehadiran laboratorium PT Jasa Mutu Mineral Indonesia di Kota Kendari. Menurutnya, hal ini akan memungkinkan seluruh stakeholder yang bergerak di bidang pertambangan di Sultra memiliki alternatif untuk memastikan pengolahan mineral khususnya nikel agar memenuhi standar yang diharapkan.

“Hadirnya lab ini akan memicu pertumbuhan ekonomi. Dengan terstandardisasinya seluruh transaksi yang ada di Sultra, akan menjadikan aktivitas perdagangan hasil tambang bisa semakin dipertanggungjawabkan.
Kita juga berharap, lab ini bisa memberikan informasi yang lebih akurat terhadap pengelola dan pelaku usaha tambang di Sultra dan Kendari khususnya,” ujar Sulkarnain.

Sementara itu, Direktur PT Jasa Mutu Mineral Indonesia, Arifin Lambaga mengatakan, Laboratorium Mineral Nikel akan mendukung semua kegiatan PT Jasa Mutu Mineral Indonesia yang terkait dengan penerapan standar, aturan, hingga regulasi dalam kegiatan pertambangan di Sultra. Bukan hanya di sektor pertambangan nikel, melainkan juga bidang lain seperti sertifikasi anti suap, sertifikasi sistem manajemen mutu, lingkungan, dan pengujian-pengujian yang berkaitan dengan lingkungan.

“Mudah-mudahan kami bisa terus mendukung apa-apa yang direncanakan Bapak Wali Kota Kendari dan pemerintah daerah lainnya di Sulawesi Tenggara. Bukan hanya di nikel namun juga kegiatan-kegiatan lainnya karena testing, inspeksi, dan sertifikasi yang dilakukan lab kami adalah untuk memastikan bahwa semua aturan, regulasi, dan standar diterapkan sebagaimana mestinya,” tutur Arifin.

Sebagai tambahan informasi, hingga kini PT Jasa Mutu Mineral Indonesia telah memiliki enam laboratorium. Lima laboratorium batubara dan satu nikel yang tersebar di Sumatera Selatan, Kalimantan Selatan, Sulawesi Selatan, dan Kalimantan Timur. Laboratorium yang baru diresmikan di Kendari merupakan satu-satunya laboratorium nikel milik PT Jasa Mutu Mineral Indonesia sejauh ini. (uli)

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Most Popular

To Top