Buton

La Bakry Desak Kepala OPD Tuntaskan DPA


KENDARINEWS.COM — Perbaikan atas evaluasi anggaran pendapatan dan belanja daerah perubahan (APBDP) Kabupaten Buton tahun 2020, sudah rampung. Kini saatnya program kegiatan masing-masing Organisasi Perangkat Daerah (OPD) dilaksanakan. Namun sebelumnya, dokumen pelaksanaan anggaran (DPA) sudah harus diajukan ke BPKAD, untuk selanjutnya ditandatangani Sekretaris Kabupaten (Sekab).

La Bakry

Mengingat waktu pelaksaan kegiatan sudah semakin singkat karena jelang akhir tahun, Bupati Buton, La Bakry, mendesak seluruh kepala OPD untuk segera menyerahkan DPA masing-masing ke bagian Keuangan. “Akhir bulan ini ada cuti bersama, kemudian November juga ada beberapa hari libur. Desember hanya efektif sampai tanggal 23, setelah itu libur panjang lagi. Berarti waktu kita sangat kasip,” jelas La Bakry, Rabu (21/10).

Kepada OPD, Buton-1 itu menegaskan, untuk tidak menunda lagi. Jika banyak hal yang dihadapi, maka pandai-pandai membagi tugas dan memaksimalkan waktu yang ada. “Akhir tahun begini memang cukup berat untuk bagian administrasi. Karena ada laporan, ada usulan. Belum lagi APBD 2021. Jadi memang harus bisa memanajemen waktu, karena itu sudah kewajiban kita,” lanjut tandem Wakil Bupati, Iis Elianti tersebut.

Bagi La Bakry kegiatan di APBDP tak banyak proyek pengadaan berdana besar. Meski begitu, OPD tak boleh menganggap remeh. Sebab, hari kerja terus berkurang. “Kegiatannya kecil-kecil. Tapi tidak boleh juga bersantai. Lebih baik cepat dari pada lama, kemudian terburu-buru saat injury time. Soalnya yang begitu rentan dengan kekeliruan,” tambahnya, mengingatkan.

Ditemui terpisah, Sekab Buton, La Ode Zilfar Djafar menyebut, saat ini sudah banyak DPA Perubahan yang masuk di mejanya. Itu artinya, dalam satu atau dua hari ini palaksanaan kegiatan OPD tersebut sudah bisa dimulai. “Sepertinya sudah setengah dari instansi yang ada. Bagitu masuk, saya tanda tangan. Kembalikan dan silahkan ditindaklanjuti kegiatannya,” kata Zilfar Djafar. Dimulainya kegiatan kata dia, sangat tergantung pada kecepatan OPD masing-masing dalam mengurus administrasi. (b/lyn)

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Most Popular

To Top