Metro Kendari

Kukuhkan Karang Taruna Tobimeita, Walikota Minta Kembangkan Ekonomi Produktif

KENDARINEWS.COM — Kepengurusan Karang Taruna Kelurahan Tobimeita masa bakti 2021 – 2026 resmi terbentuk. Pengukuhan itu dilakukan langsung Wali Kota Kendari Sulkarnain Kadir, Senin (15/2). Sebagai organisasi, Karang Taruna diharapkan ikut mengembangkan ekonomi produktif dalam memulihkan perekonomian warga yang terdampak covid-19. Sulkarnain mengatakan karang taruna harus menjadi wadah pemuda dan warga sekitar untuk bisa bangkit kembali di masa pandemi covid-19. Banyak cara yang bisa dilakukan, mulai dari bercocok tanam, beternak dan usaha produktif lainnya.

“Generasi muda adalah modal besar buat sebuah daerah untuk maju dan tumbuh berkembang. Kalau generasi Mudanya penuh semangat punya tekad punya kemauan yang kuat untuk berbuat sesuatu yang bermanfaat, melakukan sesuatu yang positif serta berkontribusi terhadap lingkunganya, saya yakin sebuah daerah itu akan memiliki masa depan yang baik ,” ungkapnya.

Sebagai bentuk dukungan, pihaknya melalui organisasi perangkat daerah (OPD) terkait siap memberikan pendampingan kepada para pengurus dan anggota karang taruna. Misalnya saja untuk sektor peternakan, pihaknya melalui Dinas Pertanian bakal memberikan bimbimngan teknis untuk memastikan keberlangusungan usaha karang taruna.

“Saya kira anak-anak muda ini kita akan dorong kesana. Mudah-mudahan aparat ditingkat kecamatan dan kelurahan juga bisa membantu. Kita kan punya dana kelurahan, walaupun tidak besar setidaknya ini bisa jadi stimulus untuk mengembangkan potensi yang dimiliki,” kata Sulkarnain Kadir. “Kami juga sudah siapkan penyuluh pertanian disetiap kecamatan untuk memastikan usaha mereka tidak mati sebelum dipanen. Mudah-mudahan pendampingan yang kami berikan bisa mendorong usaha mereka agar menghasilkan dan bermanfaat bagi masyarakat banyak,” tambahnya.

Pada kesmpatan yang sama, Ketua Karang Taruna Kota Kendari dr Jabar Aljufri mengatakan, dengan telah dilantiknya pengurus, organisasi tersebut dapat bergerak sesuai tugas dan fungsinya serta bekerja sebagai mitra pemerintah. “Kami akan menindaklanjuti instruksi Pak Wali Kota untuk terlibat aktif mewujudkan generasi muda yang andal dan bisa menjadi pelopor pembangunan daerah ini. Yang terpenting juga bisa menjadi pelopor pemulihan ekonomi warga sekitar,” ujarnya. Sekedar informasi, selain mengukuhkan pengurus Karang Taruna Tobimeita, Wali Kota Kendari Sulkarnain Kadir juga menyempatkan waktu untuk memanen ayam kampung jumbo perdana yang dikelola sekumpulan pemuda Tobimeita itu. Hasilnya diharapkan bisa memenuhi kebutuhan bahan pangan warga metro. (b/ags)

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Most Popular

To Top