Konawe Selatan

KUA-PPAS APBD-P Pemkab Konsel Diserahkan


KENDARINEWS.COM — Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) bersama Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Konawe Selatan (Konsel) menggelar rapat paripurna, Senin (6/9). Agendanya, penyerahan rencana pembangunan jangka menengah daerah (RPJMD) tahun 2021-2026, sekaligus penyerahan rancangan kebijakan umum anggaran dan prioritas plafon anggaran sementara (KUA-PPAS) APBD Perubahan tahun 2021.

Bupati Konsel, H. Surunuddin Dangga menyampaikan, dokumen kebijakan umum perubahan anggaran (KUPA) mempunyai kedudukan strategis dalam siklus perencanaan pembangunan daerah.

KUPA menjadi jembatan antara perencanaan dengan penganggaran yang selanjutnya menjadi pedoman dalam penyusunan prioritas plafon anggaran sementara (PPAS), RKA Perubahan OPD, rancangan APBD Perubahan dan APBD-P. “Subtansi KUA-PPAS memuat kesepakatan bersama antara Pemerintah Daerah dan DPRD. Diantaranya kesepakatan asumsi kondisi ekonomi makro daerah, asumsi penyusunan APBD, kebijakan pendapatan, belanja, pembiayaan daerah dan strategi pencapaiannya,” papar Surunuddin, kemarin.

Bupati Konsel, H. Surunuddin Dangga (dua dari kiri) menyerahkan rancangan RPJMD tahun 2021-2026, sekaligus rancangan KUA-PPAS APBD Perubahan 2021 pada Ketua DPRD, Irham Kalenggo (kanan), kemarin

Konsel-1 tersebut menegaskan, penyusunan KUA-PPAS Perubahan dilakukan dengan memerhatikan kondisi ekonomi makro daerah yang masih memerlukan pembangunan infrastruktur untuk menunjang pertumbuhan dan pemulihan ekonomi nasional (PEN) akibat pandemi Covid-19. “Kami berharap, dalam pembahasan rancangan KUA-PPAS APBDP ini dapat dilaksanakan sesuai dengan ketentuan yang berlaku. Disadari, tidak semua usulan dan kebutuhan dapat diakomodasi. Harus diakui, kemampuan anggaran kita masih terbatas dibandingkan dengan banyaknya program yang harus dilaksanakan,” tandasnya dalam agenda rapat yang dipimpin Ketua DPRD Konsel, Irham Kalenggo. (c/kam)

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Most Popular

To Top