Politik

KPU Muna Tunggu Desain Bahan Kampanye Paslon

KENDARINEWS.COM — Komisi Pemilihan Umum (KPU) Muna akan mengatur desain bahan kampanye peserta Pilkada tahun 2020. Desain harus mencantumkan visi misi dan program kandidat serta tidak mengandung muatan unsur sara. Pasangan Calon (Paslon) harus menyerahkan hasil desain kepada KPU Muna paling lambat lima hari setelah penetapan calon.

KUBAIS

Ketua KPU Muna, Kubais menerangkan masa kampanye Paslon akan dimulai 26 September 2020. Namun khusus pasangan LM. Rajiun Tumada-La Pili, jadwalnya mengalami penyesuaian, yakni setelah masa penetapan dan pengundian nomor urut pada 1 Oktober mendatang. Namun demikian, desain kampanye sudah bisa diserahkan kepada KPU Muna mengingat nomor urut pasangan tersebut secara otomatis menggunakan nomor dua.

“Kalau pasangan LM. Rusman Emba – Bachrun tetap harus menyesuaikan jadwal yang ada yakni harus menyetor desain paling lambat tanggal 28 September. Pasangan Rajiun – La Pili juga sudah bisa menyerahkan agar pada saat penetapan nanti tinggal mengambil desain yang sudah ada,” jelasnya.

Kubais melanjutkan, desain kampanye Paslon wajib mematuhi ketentuan peraturan KPU. Antara lain harus memuat visi dan misi serta program kandidat. Sementara yang tidak boleh dicantumkan antara lain simbol yang mengandung muatan sara dan simbol yang bertentangan dengan lambang negara. Desain itu akan ditelaah oleh KPU sebelum dicetak ke dalam bentuk alat peraga kampanye.

“Khusus alat peraga kampanye (APK), akan ada yang dicetak oleh KPU dan bisa juga di cetak mandiri. Hanya akan diatur mengenai jumlahnya. Termasuk zonasi kampanye dan jadwal kampanye,” pungkasnya. (ode/b)

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Berita Terbaru Lainnya

To Top