Metro Kendari

Komisi III DPRD Kendari Minta Warga Sigap Laporkan Potensi Banjir

La Ode Muhammad Rajab Jinik

KENDARINEWS.COM–Seminggu terakhir kota Kendari intens diguyur hujan. Dengan intensitas bervariasi yang mengundang kekhawatiran. Pasalnya, terdapat beberapa kawasan yang rawan banjir. DPRD Kendari meminta warga responsif melaporkan potensi terjadi banjir.

Ketua komisi III DPRD Kendari La Ode Muhammad Rajab Jinik mengatakan, terdapat beberapa wilayah kota Kendari ketika datang hujan berpotensi terjadi banjir. Diantaranya Kecamatan Baruga, Kadia, Kambu, Kendari, Kendari Barat, Mandonga, Poasia, dan Wua-Wua.

“Kami meminta warga agar responsif melaporkan potensi banjir kepada pemerintah kota Kendari memalui dinas Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kendari. Agar langsung dilakukan langkah-langkah penanganan,” kata La Ode Muhammad Rajab Jinik kepada kendarinews.com, Sabtu (21/8).

Selain itu, kata dia, masyarakat harus berpartisipasi aktif dalam mencegah terjadinya banjir. Misalnya menjaga kebersihan drainase dengan tidak membuang sampah sembarang tempat.

“Kesadaran bersama sangat penting. Karena banjir terjadi tidak semata hanya disebabkan faktor alam, namun terkadang dampak ulah manusia yang tidak bersahabat dengan lingkungan,” tegas politisi Golkar ini.

Rajab Jinik menambahkan, jika masyarakat menemukan ada kerusakan drainase atau sejenisnya, maka segera melaporkan hal tersebut ke pemkot Kendari.

“Kami intens koordinasi dengan Dinas PUPR mengenai stabilitas atau keadaan drainase di Kota Kendari. Ini sangat penting, karena jika drainase dalam keadaan rusak maka hal itu bisa memicu terjadinya banjir. Jadi, kita antisipasi sejak dini,” tandas Rajab Jinik. (ali).

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Most Popular

To Top