Nasional

Komisi II DPR Sepakat Hentikan Pembahasan Revisi UU Pemilu

KENDARINEWS.COM — Ketua Komisi II DPR Ahmad Doli Kurnia mengatakan, fraksinya sudah memutuskan untuk tidak melanjutkan pembahasan mengenai revisi UU Pemilu. Keputusan itu diambil setelah Komisi II DPR mengelar rapat dengan Ketua Kelompok Fraksi (Kapoksi) DPR. “Kami sepakat untuk tidak melanjutkan pembahasan revisi UU Pemilu,” ujar Doli di Gedung DPR, Jakarta.

Politikus Partai Golkar ini menambahkan, hasil keputusan Komisi II DPR ini akan dibawa ke pimpinan DPR, yang selanjutkan dibahas di Badan Musyawarah (Bamus) dan Badan Legislasi (Baleg) DPR. “Bamus memutuskan seperti apa pandangan resmi fraksi masing-masing di DPR, kemudian diserahkan ke Baleg. Kemudian nanti kalau mau dibicarakan dengan pemerintah tentang list prolegnas,” katanya.

Doli juga menjelaskan, salah satu alasan revisi UU Pemilu tersebut tidak dibahas karena di Indonesia saat ini sedang menghadapi pandemi Covid-19. Sehingga DPR diharapkan bersama dengan pemerintah fokus terhadap penanganan pandemi terlebih dahulu.

“Bahwa hari ini kita tidak atau belum bisa karena situasi, sekarang kita diajak karena memang suasana pandemi kita semakin hari semakin kurang kondusif. Ya sudah mungkin waktunya belum tepat, nanti kita cari waktu yang tepat lagi,” ungkapnya.

Sementara itu mengenai wacana mengeluarkan revisi UU Pemilu dari daftar Program Legislasi Nasional (Prolegnas) Prioritas 2021 ini. Doli mengaku belum bisa diputuskan, karena itu mesti rapat dengan Baleg DPR. “Apakah pertanyaanya mau didrop atau tidak. Itu kan kewenangannya ada di instansi lain,” pungkasnya. (jpg)

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Berita Terbaru Lainnya

To Top