Bombana

Kominfo Bombana Raih Penghargaan dari BPSDM Sultra


KENDARINEWS.COM — Dinas Komunikasi, Informatika dan Satistik (Kominfo) Kabupaten Bombana, berbangga. Salah satu Organisasi Perangkat Daerah (OPD) tersebut sukses memboyong penghargaan terbaik pertama dalam inovasi aksi perubahan yang telah diinplemetasikan pada kinerja birokrasi di lingkup Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Bombana. Khususnya dalam peningkatan kualitas penyebarluasan informasi kinerja perangkat daerah (Si-Jakah).

Kabid Kominfo Bombana, Wa Ode Nevoherawati (kanan) saat menerima penghargaan dari pihak BPSDM Sultra, kemarin

Penghargaan tersebut diperoleh saat mengikuti pelatihan kepemimpinan administrator angkatan pertama tahun 2020 yang dihelat Badan Pengembangan Sumber Daya Manusia (SDM) Provinsi Sulawesi Tenggara (Sultra) sejak 7 September hingga 10 Desember, besok. Utusan Kominfo Bombana yang sukses menorehkan prestasi membanggakan tersebut adalah Wa Ode Nevoherawati yag juga menjabat sebagai Kepala Bidang Informasi dan Komunikasi, Informatika dan Statistik.

Diakuinya, saat menjalankan tugas dan fungsi sebagai Kabid Kominfo Bombana, Nevoherawati berusaha memberikan pelayanan informasi publik, layanan hubungan media, penguatan sumber daya komunikasi publik dan penyediaan akses informasi. Meski terdapat beberapa permasalahan yang menghambat dalam pelaksanaan tugas tersebut. “Masalah yang paling sering dihadapi yakni, belum adanya sistem terintegrasi secara online diterapkan oleh Dinas Kominfo yang dapat mempermudah instansi dalam menyampaikan data laporan dan realisasi kegiatan setiap hari diakhir jam kerja, serta capaian kinerja perangkat daerah di lingkup Pemkab Bombana,” ungkapnya, kemarin.

Dari permasalahan tersebut, Dinas Kominfo Bombana membuat aplikasi yang diberi nama Si-Jakah. Aplikasi itu bertujuan menyebarluaskan informasi kinerja perangkat daerah untuk bisa lebih optimal dalam mendukung penyelenggaraan pemerintahan berbasis digital. Sehingga kualitas layanan publik dapat meningkat, efektif dan efisien. “Dengan aplikasi Si-Jakah ini akan lebih memudahkan para OPD untuk melaporkan capaian kerjanya dengan lebih cepat. Terlebih lagi, para OPD bisa melaporkan hasil kerjanya di mana dan kapanpun,” pungkas Wa Ode Nevoherawati. (c/idh)

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Most Popular

To Top