Nasional

Kolaborasi Pemkot-Kendari Pos Mengatasi Masalah Perkotaan

Menyerap Aspirasi Melalui Program Teporombua

KENDARI, KENDARINEWS.COM–Perkembangan dan pembangunan Kota Kendari bergerak dinamis. Di balik dinamika pembangunan itu, masyarakat Kota Kendari juga diperhadapkan dengan permasalahan yang kompleks, baik aspek kesehatan, ekonomi, dan sosial budaya. Merespons kondisi itu, Harian Kendari Pos menggagas program Teporombua. Subtansi program itu untuk menyerap aspirasi masyarakat di level bawah sekaligus mengatasi masalah perkotaan yang dihadapi masyarakat. Harian Kendari Pos menggandeng Pemerintah Kota Kendari dalam program Teporombua.

Direksi dan Manajemen Harian Kendari Pos yang dipimpin Direktur La Ode Diada “Onggi” Nebansi beraudiensi dengan Wali Kota Kendari, Sulkarnain Kadir, Senin (21/06/2021). Kedatangan Direktur Onggi Nebansi dan manajemen Kendari Pos untuk memantapkan kesiapan pelaksanaan program Teporombua bersama Pemkot Kendari yang bakal digelar Juli mendatang.

Direktur Kendari Pos, Onggi Nebansi mengatakan program Teporombua sangat baik dilaksanakan Pemkot Kendari untuk menyaring berbagi aspirasi masyarakat untuk dicarikan solusinya. “Selain menyerap aspirasi warga dan menemukan solusinya, Pemkot Kendari juga akan menemukan gambaran terkait potensi yang ada dilingkungan masyarakat untuk diberdayakan. Sehingga sinergi antar keduanya dapat berjalan dengan baik,” kata Onggi Nebansi saat diskusi dengan Wali Kota Kendari, Sulkarnain Kadir di rumah jabatan Wali Kota Kendari.

Pada kesempatan yang sama, Wali Kota Kendari Sulkarnain Kadir, menyambut baik program Teporombua yang digagas koran Harian Kendari Pos. Menurutnya, program tersebut sangat baik dan membantu Pemkot Kendari dalam menyerap aspirasi masyarakat di masa pandemi Covid-19 saat ini.

Wali Kota Kendari, Sulkarnain Kadir (kiri) menerima kunjungan Direktur Kendari Pos, La Ode Diada “Onggi” Nebansi (tiga dari kanan) bersama jajaran manajemen Harian Kendari Pos di Rujab Wali Kota Kendari, Senin (21/06/2021). Pertemuan tersebut membahas rencana pelaksanaan program Teporombua.
AGUS SETIAWAN / KENDARINEWS.COM

“Kita tahu sendiri, saat ini kita masih berada di masa pandemi Covid-19 dan kita tidak tahu kapan akan berakhir. Mudah-mudahan program (Teporombua,red) ini bisa membantu menjawab berbagai kebutuhan masyarakat yang ada di tingkat paling bawah, yang mungkin selama ini belum tersampaikan,” kata Sulkarnain Kadir.

Sebagai bentuk dukungannya, Wali Kota Sulkarnain telah menginstruksikan seluruh Organisasi Perangkat Daerah (OPD) terkait di Pemkot Kendari untuk menyukseskan program Teporombua. “Saya mendukung penuh kegiatan ini. Saya sudah instruksikan teman-teman OPD untuk berpartisipasi. Saya juga sudah instruksikan seluruh camat dan lurah untuk mengajak seluruh RT/RW-nya terlibat dalam kegiatan ini,” kata Sulkarnain Kadir.

Sementara itu, Manager Event Organizer Kendari Pos, Nursyamsi Abidin mengatakan, program Teporombua menyasar perwakilan masyarakat di tingkat RT/RW setiap kelurahan. Para perwakilan warga itu, nantinya akan berembuk dengan OPD terkait seperti Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil membahas soal pelayanan Administrasi Kependudukan (Adminduk), Dinas Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) terkait penanganan masalah banjir, Dinas Kesehatan terkait sosialisasi perilaku hidup bersih dan sehat (PHBS), Dinas Ketahanan Pangan membahas tanaman hidroponik dan Dinas Lingkungan Hidup dan Kehutanan (DLHK) terkait penanganan persampahan.

“Pelaksanaannya akan dimulai minggu kedua bulan Juli. Pelaksanaannya mengacu protokol kesehatan (Prokes) pencegahan Covid-19. Setiap peserta wajib pakai masker, mencuci tangan, dan menjaga jarak,” kata Nursyamsi. (ags/b)

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Most Popular

To Top