Bombana

KMP I Dharma Kencana Rute Tondasi-Kasipute-Pising Resmi Beroperasi

KENDARINEWS.COM — Kabar gembira bagi masyarakat Bombana, khususnya warga Pulau Kabaena. Saat ini, Pemerintah Kabupaten (Pemkab) setempat telah resmi mengoperasikan KMP Dharma Kencana di perairan Bombana dengan rute Tondasi-Kasipute-Pising. Peresmian KMP Dharma Kencana I ini menjadi penanda peningkatan mobilitas penyeberangan antar pulau di otorita H. Tafdil semakin lebih mudah.

Sekretaris Daerah (Sekda) Bombana, Man Arfah mengatakan kapal ini memiliki kapasitas 220 orang penumpang. Katanya, ini merupakan upaya Pemkab dalam menyediaka fasilitas pelayanan transportasi umum yang layak dan cepat bagi masyarakat Bombana, khususnya warga di pulau Kabaena. “Semoga pelayanan KMP Dharma Kencana ini dapat memperlancar mobilitas penumpang dan barang dari Kasipute-Pising maupun Kasipute-Tondasi dengan fasilitas yang lebih baik,” kata Man Arfa acara serah terima dari PT. Dharma Dwipa Utama dengan Pemkab Bombana di Pelabuhan Feri Kasipute, Senin (5/4).

Selama ini, kapasitas kapal penyebrangan yang mengangkut penumpang maupun logistik masih terbatas. Sebab kapal yang beroperasi hanya bergantung pada kapal-kapal kayu yang sangat rentan rusak saat berlayar. Dengan adanya KMP Dharma Kencana ini telah menjawab mimpi masyarakat Kabaena. “Kehadiran kapal modern ini menjadi keinginan pemerintah yang juga sejalan dengan program pusat untuk memberikan kemudahan layanan masyarakat menghubungkan pulau satu dengan pulau lainnya,” terangnya.

Sementara itu, Kapten Kapal KMP Dharma Kencana I, Yayan Heryanto mengaku jadwal pelayaran belum ditentukan. Pihaknya bersama dengan Dinas Perhubungan (Dishub) setempat masih akan menjadwalkan dan melakukan uji coba pelayanan pada hari ini, Selasa (6/4). “Jadwal kami belum tentukan hari apa saja karena besok baru akan uji coba berlayar dari Pelabuhan Kasipute menuju Pising, Kabaena. Kemudian kami tes lagi berlayar ke Tondasi Muna Barat,” pungkasnya. (b/idh)

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Most Popular

To Top