Nasional

Kisah Hernawati, S.Pd., MBA, Satu-Satunya Guru Asal Sultra Lulus dalam Seleksi SILN


KENDARINEWS.COM — Hernawati, S.Pd., MBA, guru mata pelajaran Pendidikan dan Kewarganeraan (PKN) di SMPN 3 Kendari menorehkan prestasi gemilang. Alumni program Guru Idola Kendari Pos itu akan terbang ke Riyadh Arab Saudi dan mengajar di sana. Hernawati adalah satu-satunya guru di Sultra yang berhasil lulus dalam seleksi calon guru dan tenaga kependidikan Sekolah Indonesia Luar Negeri (SILN) yang digelar Kemendikbud Ristek dan Kementerian Luar Negeri (Kemlu) RI.

Untuk lulus menjadi guru SILN, tidaklah mudah. Hernawati melalui beberapa proses tahapan seleksi dan berkompetisi dengan 900 orang lebih untuk menjadi 78 peserta yang dinyatakan lulus. Bagi Hernawati, keberhasilannya menjadi guru SILN adalah buah dari hasil kerja kerasnya selama ini. Dia konsisten mengembangkan potensi dan kemampuan diri untuk menjadi yang terbaik. “Pastinya suatu kebanggaan dan kehormatan bisa lulus di SILN, dan ini merupakan prestasi terbesar bagi saya. Bisa menjadi satu-satunya wakil Kendari bahkan Sultra, di level nasional ini,” ujarnya, Rabu (18/7) kemarin.

Selama empat bulan, sejak Februari hingga Juni 2021, Hernawati mengikuti seleksi ketat dan komparatif. Mulai seleksi administrasi, wawancara, tes bahasa Inggris, psikologi, tes microteaching, dan terakhir tes wawancara dari Kemendikbud dan Kemlu. Semua seleksi yang dilakoni membutuhkan mental dan intelektual yang baik. “Dan beberapa tes tersebut, harus diakui betul-betul sangat kompetitif dan sangat berbobot, sehingga yang terpilih adalah merupakan yang terbaik,” ungkapnya.

Menurutnya, persiapan yang dilakukan lebih pada penguasaan bahasa asing, karena itu menjadi modal utama. Lalu, mempertajam pengetahuan sesuai dengan bidang keilmuan, dan yang terpenting adalah pengalaman dalam berorganisasi. “Itu menjadi modal kuat, karena yang diutamakan memiliki banyak pengalaman. Dan pastinya saya sudah mempersiapkan itu semua. Sebenarnya ada beberapa pilihan tempat, namun hanya boleh memilih satu tempat saja, dan saya memilih Riyadh,” jelas Hernawati.

Bagi Hernawati, keberhasilan yang diraihnya tidak terlepas dari dukungan berbagai pihak, baik kedua orangtua, Wali Kota Kendari, Sulkarnain Kadir, Kepala Dinas Dikmudora Kendari, Makmur dan Kepala Sekolah SMPN 3 Kendari, Mansur Mokuni. “Terima kasih atas dukungannya sehingga saya bisa sampai pada titik ini. Saya akan memberikan yang terbaik dan bisa menjadi kebanggaan semua orang,” pungkasnya.

Wali Kota Kendari Sulkarnain Kadir mengapresiasi keberhasilan Hernawati yang berhasil lulus seleksi program Guru SILN Kemendikbud. Menurutnya, capaian tersebut tak lepas dari kerja keras dan ikhtiar Hernawati yang selama ini mendidikasikan dirinya sebagai tenaga pendidik di Kendari.

“Sebenarnya jadi guru itu sulit. Karena guru diperhadapkan dengan karekter murid yang berbeda-beda. Mereka dituntuk harus sabar. Hasilnya sekarang bisa kita lihat. Salah satu guru kita berhasil menjadi yang terbaik dari ribuan guru terbaik di Indonesia. Saya ucapkan selamat dan tentu akan kita suport,” kata Sulkarnain Kadir, Rabu (18/8) kemarin.

Senada, Kepala Dinas Dikmudora Kendari, Makmur mengatakan terpilihnya Hernawati sebagai salah satu Guru SILN adalah buah kerja kerasnya saat mengikuti seleksi Kemendikbud. Selain itu, tak lepas dari dukungan Wali Kota Kendari sehingga Hernawati bisa berkompetisi dalam seleksi guru SILN tahun ini.

“Kami ucapkan terima kasih atas dedikasinya selama ini. Dan kami harap setelah pulang dari Arab Hernawati bisa memberi contoh kepada guru lain untuk mengembangkan diri sehingga bisa menuai pengalaman mengajar di luar negeri untuk mendukung kemajuan pendidikan kita nantinya,” kata Makmur.

Terpisah, Ketua Forum Komunikasi Guru Idola (FKGI) Sultra, Asmuddin mengapresiasi keberhasilan Hernawati yang meraih prestasi luar biasa karena bisa bersaing dengan ratusan guru terbaik di Indonesia.

“Seleksinya itu ketat sekali. Di Sultra saja hanya empat guru yang ikut seleksi. Dan hanya Hernawati. yang lolos. Beliau adalah alumni Guru Idola Kendari Pos Tahun 2018. Mudah-mudahan Hernawati menjadi inspirasi bagi guru-guru lainnya di Sultra untuk mengembangkan diri dan bisa berpartisipasi pada program guru SILN tahun depan,” kata Asmuddin.

Koordinator Pengawas Dikmudora Kendari itu meyakini, Hernawati bisa melaksanakan tugasmengajar dengan baik di Arab Saudi. Sebab, Hernawati merupakan salah satu guru terbaik di SMPN 3 Kendari yang dibuktikan dengan keberhasilannya berpartisipasi dalam guru Idola Kendari Pos.

“Kami ucapkan terima kasih kepada Wali Kota Kendari Sulkarnain Kadir dan Kepala Dikmudora. Terlebih kami ucapkan terima kasih kepada Pembina Guru Idola Sultra Irwan Zainuddin (Dirut Kendari Pos) karena berkat programnyalah sehingga guru-guru kita di Kota Kendari bersaing untuk tampil dan menjadi terbaik dengan menghadirkan beragam inovasi dan kreativitas, menghadirkan metode pembelajaran sebagai solusi belajar bagi peserta didik. Saya ucapkan juga terima kasih kepada Kendari Pos,” kata Asmuddin.

Sementara itu, Kepala SMPN 3 Kendari Mansur Mokuni mengatakan, Hernawati adalah sosok guru profesional bekerja. Setiap tugas yang diberikan, selalu diselesaikan dengan baik. Tak heran ia dijuluki sebagai salah satu guru teladan. “Hernawati punya kemampuan intelektual yang mumpuni. Ketika dia mendaftar ikut seleksi SILN, saya sangat mendukung dan membantu apa yang dibutuhkan,” kata Mansur Mokuni, Rabu (18/8).

Hernawati, S.Pd., MBA
Guru PKN SMPN 3 Kendari

Selain itu, kata dia, Hernawati memiliki segudang pengalaman hebat. Prestasi skala regional hingga nasional. Dan semua prestasi-prestasi yang telah Hernawati ukir selama ini dituangkan dalam berkas pendaftaran dan hal itu meyakinkan panitia seleksi bahwa Hernawati layak lulus. “Saya juga turut berpartisipasi memberikan testimoni dan mengisahkan seperti apa sosok Hernawati,” ujarnya.

Mansur Mokuni berharap agar prestasi ini menjadi magnet atau pemantik semangat untuk guru-guru lain. Bahwasannya, meski di tengah pandemik covid-19, tidak boleh menyurutkan semangat untuk berkarya menorehkan prestasi. “Semoga kedepan akan lahir lebih banyak sosok seperti Hernawati. Membanggakan para guru membanggakan Sulawesi Tenggara, Allah Akbar,” tandasnya. (ilw/ags/ali/b)

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Most Popular

To Top