Kerja Positif Bangun Kendari, Siska Terima Anugerah Kartini Awards 2021

KENDARINEWS.COM — Kinerja positif Pemkot Kendari tak lepas dari andil dr Hj.Siska Karina Imran. Wakil Wali Kota (Wawali) Kendari ini mampu menjawab tantangan yang diembannya. Berbagai capaian telah ditorehkan Pemkot Kendari dalam kurun waktu setahun ini menjadi bukti kepiawainnya bersama Wali Kota Kendari, Sulkarnain.

Atas dasar itu, Kendari Pos menganugerahkan Kartini Awards 2021. Penghargaan diserahkan langsung Gubernur Sultra Ali Amazi dalam Malam Penganugerahan Kartini Award 2021 di Swiss-Belhotel Kendari, Selasa (25/05/2021).

Sepak terjang istri Adriatma Dwi Putra ini menjadi cerminan Kartini masa kini. Gender bukan menjadi halangan untuk berkarya membangun daerah. Emansipasi yang digaungkan Raden Ajeng (RA) Kartini menjadi inspirasi Hj.Siska. Keterbelakangan, pendidikan yang layak serta layanan kesehatan harus terpenuhi. 

Tidak hanya bagi sesama kaumnya, namun seluruh masyarakat Kota Kendari. Tak heran, wanita kelahiran Kendari ini sangat getol mendorong peningkatan kualitas Sumber Daya Manusia (SDM) Kota Kendari. Kerja cerdas dan terukur itu pun membuahkan hasil. Meski berkutat dengan mewabahnya covid-19, Indeks Pembangunan Manusia (IPM) Kota Kendari tahun 2020 mengalami peningkatan. 

Hj Siska Karina Imran mengungkapkan IPM Kota Kendari pada 2020 tercatat sebesar 83,53 persen atau meningkat 0,67 dari tahun sebelumnya (2019) yang hanya 82,86 persen. Peningkatan tersebut dipengaruhi angka harapan hidup masyarakat Kota Kendari yang terus meningkat. Siska mencontohkan sebelumnya (2019) angka harapan hidup hanya 73,75 persen menjadi 73,77 persen pada 2020.

Meningkatnya harapan hidup warga Kendari, tak lepas dari berbagai program yang dihadirkan Pemkot Kendari yang meliputi berbagai program perlindungan sosial, pendidikan, kesehatan dan bantuan sosial terlebih di masa pandemi covid-19. 

Gubernur Sultra, H.Ali Mazi (kiri) menyerahkan piala penghargaan Kartini Award 2021 kepada Wakil Wali Kota Kendari, dr.Hj.Siska Karina Imran (baju ungu). Penghargaan tersebut diharapkan bisa menjadi semangat dan pemicu untuk berkontribusi membangun daerah.

“Kita sudah porsikan APBD untuk item-item dimaksud. Misalnya pendidikan dan kesehatan itu kita porsikan masing-masing 20 persen dan 10 persen dari 

total APBD 1,5 triliun,” kata Siska Karina Imran.

Di kondisi serba sulit akibat pandemi, Siska turut berperan meringankan warga terdampak wabah corona. Bantuan Sosial 

(Bansos) yang digelontorkan Pemkot Kendari cukup efektif dalam menjaga ekonomi tak terlalu anjlok dan pemulihan ekonomi sekaligus peningkatan IPM Kota Kendari.

Pada tahun 2020, pihaknya berhasil menyalurkan bansos berupa paket sembako sekira 32.941 paket, bantuan langsung uang tunai sebesar Rp 300 ribu kepada 3.639 karyawan dan 3.786 pelaku UKM (Usaha Kecil Menengah) terdampak covid-19 dan bantuan permodalan sebesar 

Rp 1 juta kepada sekira 500 UKM.

Tidak hanya itu, ia turut mengikutsertakan sekira 5.023 warga kurang mampu dalam program tersebut (JKN-KIS). Hingga kini, total Penerima Bantuan Iuran (PBI) sekira 82 ribu orang. 

“Ini wujud kepedulian pemerintah kepada 

masyarakat. Kami pastikan akan selalu memberikan rasa aman bagi seluruh warga. Agar indeks pembangunan manusia kita kedepannya bisa semakin meningkat. Menuju masyarkat Kota Kendari yang sejahtera,” kata Siska.

Bersama Sulkarnain, Hj Siska mampu mempertahankan tren positif IPM Kota Kendari dari tahun ke tahun. Pada 2017, IPM Kota Kendari tercatat hanya 81,83 persen meningkat 0,39 persen menjadi 82,22 persen pada 2018. Secara umum IPM Kota Kendari mengalami peningkatan rata-rata sebesar 0,56 persen setiap tahun. Peningkatan tersebut menjadi bukti keberhasilan pemkot dalam mensejahterakan warganya. (ags)

Tinggalkan Balasan