HEADLINE NEWS

Kepergok Nyolong Kotak Amal, Pria asal Baubau Diamankan

KENDARINEWS.COM — Benar kata Bang Napi. Tindak kejahatan dilakukan bukan hanya karena niat namun juga kesempatan. Kalimat ini bisa menjadi gambaran kasus yang menimpa seorang pria berinisial EW (36). Warga Wameo Kota Baubau harus berurusan dengan penegak hukum saat tertangkap CCTV mencuri kotak amal Masjid Al Madani, Kelurahan Benu-benua, Kecamatan Kendari Barat, Kota Kendari.

Personel Polsek Kemaraya saat mengamankan pelaku pencurian kotak amal inisial EW (dua dari kanan) kawasan Kendari Beach, Kota Kendari, kemarin sekira pukul 22.00 Wita

Awalnya, EW tak berniat mencuri kotak amal. Namun niatnya berubah saat berteduh menghindari kehujanan di Masjid Al Madani. Apalagi saat melihat kotak amal. Kondisi masjid yang lengang memunculkan niat jahatnya. Karena merasa ada kesempatan, EW nekat mencuri kotak amal berisi uang senilai Rp. 430 ribu.

Kapolsek Kemaraya, Iptu Beny Kuncoro mengatakan pelaku pencurian kotak amal Masjid Al Madani telah ditangkap. Saat ini, pelaku telah diamankan di Polsek Kemaraya untuk dilakukan pemeriksaan lebih lanjut. “Jadi, kurang dari 24 jam pelaku sudah ditangkap di kawasan Kendari Beach, Kota Kendari sekira pukul 22.00 Wita. Kejadiannya 3 Juni lalu sekitar pukul 08.00 Wita,” ujarnya, Jumat (4/6).

Kronologis kejadiannya bermula ketika EW yang baru ceck out dari salah satu penginapan di Kota Kendari akan pergi jalan-jalan di Jembatan Teluk Kendari. Tetapi saat diperjalanan tiba-tiba turun hujan. Pelaku memutuskan mencari tempat berteduh. Di sana ia melihat sebuah masjid (TKP), setibanya di masjid tersebut ternyata pintunya terbuka. Pelaku masuk ke dalam, dilihatnya suasana masjid dalam keadaan sepi.

“Di sana pelaku melihat sebuah kotak amal, ia nekat mengambil uang didalam kotak tersebut. Memang saat kejadian, kondisi masjid sepi, pelaku memanfaatkan kondisi itu untuk maling kotak amal. Beruntung perbuatan pelaku tertangkap sorotan kamera pengawas dalam hal ini CCTV di masjid tersebut. Sampai sempat viral, karena ada yang mengunggah video rekaman CCTV-nya di media sosial,” ungkapnya.

Dari hasil pemeriksaan dan seperti yang digambarkan dalam rekaman CCTV. Bukan hanya satu kotak amal, tapi dua. Saat melakukan aksinya, pelaku berjalan ke sana kemari sekitar masjid, memastikan tidak ada siapapun di sana. Setelah di rasa aman, pelaku langsung membawa kedua kotak amal kebagian yang tertutup di dalam masjid. Di situ pelaku membongkar kotak yang terkunci menggunakan obeng.

“Setelah berhasil di bukanya kotak tersebut, pelaku langsung meninggalkan masjid itu dengan membawa semua uang yang ada di dalam kotak amal. Kemudian, uang yang diperoleh pelaku telah digunakan untuk membayar sewa penginapan dan jajan seperti membeli minuman dingin,” pungkasnya. (b/ndi)

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Most Popular

To Top