Metro Kendari

Kendari Tuan Rumah Indonesia Triathlon Series, Walikota : Ini Bisa Jadi Ajang Promosi Wisata

KENDARINEWS.COM — Kota Kendari dipastikan menjadi tuan rumah Indonesia Triathlon seri kedua tahun 2021. Itu berdasarkan hasil survey tim ITS (Indonesia Triathlon Series) yang telah menilai kelayakan Kota Lulo sebagai calon penyelenggara, Senin (22/3). Triathlon adalah olahraga yang menggabungkan tiga cabang olahraga sekaligus yakni renang, bersepeda, dan lari. Penyelenggaran ITS diharapkan bisa jadi ajang promosi wisata dan ekonomi kreatif Kota Kendari.

Wali Kota Kendari, Sulkarnain Kadir menyambut baik survey kelayakan yang dilakukan panita ITS dari Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Kemenparekraf). Menurutnya, ajang tersebut sangat penting dilaksanakan dalam rangka membangkitkan pariwisata dan ekonomi kreatif Kota Kendari yang terdampak covid-19.

“Ajang ini sangat positif bagi kita. Kita bisa promosikan wisata kita kepada masyarakat yang berkunjung di Kendari. Beberapa destinasi wisata yang bisa kita tawarkan seperti Wisata Pantai Nambo, Kebun Raya Kendari, Kendari Beach, Jembatan Teluk Kendari, Wisata Bungkutoko dan masih banyak lagi. Kan nanti rute kemungkinan mengambil jalur itu (tempa wisata),” kata Sulkarnain.

Kendati demikian, Sulkarnain menyarankan dalam pelaksanaannya nanti tetapi digelar dengan mengacu pada protokol kesehatan pencegahan covid-19. “Harus menerapkan prokes, karena kita masih berada ditengah pandemi covid-19. Mudah-mudahan pelaksanaannya berjalan lancar dan tanpa kendala yang berarti,” kata Sulkarnain Kadir.

Terpisah, Ketua Indonesia Triathlon Series, Arian Lukman mengatakan peserta seri triathlon akan dibatasi. Pada series pertama di Bangka Belitung, pesertanya 50 orang. Di Kendari sekitar 50 peserta. Sementara seri berikutnya di Palembang sekitar 75-100 peserta. “Semua persiapan akan kita mulai pelan-pelan dari jaraknya yang singkat, kemudian pesertanya yang semakin ditambah, namun jaraknya tetap sesuai dengan standar protokol kesehatan. Jadi, memang event-event olahraga lainnya akan kita batasi sampai situasi pandemi membaik,” kata Arian.

Meski telah melakukan survey lapangan, Arian tak menyebut kepastian waktu pelaksanaan kegiatan. Yang jelasnya, Kota Kendari menjadi lokasi seri kedua tahun ini setelah sebelumnya sukses dilaksanakan di Bangka Belitung pada 13 Maret lalu. (b/ags)

Lokasi Survey Tim ITS
-Kebun Raya Kendari
-Pantai Nambo
-Kawasan Masjid Al-Alam
-Jembatan Teluk Kendari
-Kendari Beach

Series I Bangka Belitung
Series II Kendari
Series III Palembang

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Most Popular

To Top