Kendari Triathlon, Event Pertama di Indonesia Menggunakan Teknologi Ozonier

Nasional

KENDARINEWS– Ada hal menarik dalam pelaksanaan Kendari Thriathlon Hari Ini, Sabtu (29/05/2021) di Kawasan Kendari Beach. Yakni menjadi event pertama di Indonesia yang menggunakan teknologi ozonizer.

Farhan Nur Raffi, salah satu peserta Kendari Triathlon 2021.

“Ini karya anak bangsa dari Lembaga Penelitian dan Pengabdian Masyarakat (LPPM) Institut Teknologi Bandung (ITB). Alat ini mengeluarkan partikel ozon dalam bentuk kabut yang tidak meninggalkan residu setelahnya,” ungkap Kiki Taher, Direktur Komersial dan Komunikasi Indonesia Triathlon Series saat ditemui di tengah persiapan Kendari Triathlon 2021 di Kota Kendari, Sabtu (29/05/2021).

“Jadi sangat aman untuk digunakan. Mudah – mudahan kolaborasi inovasi anak bangsa seperti ini bisa terus ada bahkan berkembang lebih jauh untuk membantu kita bergerak maju di masa penuh tantangan seperti saat ini”, ungkap Kiki.

Ia juga menegaskan bahwa tujuan utama dari penerapan protokol kesehatan ini bukanlah untuk menciptakan event berskala besar di tengah pandemi. ITS justru sebenarnya menyasar dampak berkelanjutan dari event-event yang digelarnya.

Harapannya para peserta yang ikut event ITS, punya experience yang cukup baik
terhadap sebuah destinasi sehingga ingin kembali lagi membawa serta teman-teman
dan keluarga.

“Kita inginnya agar pulang dari Kendari peserta cerita pengalamannya di media sosial, ke teman-teman komunitas, ke keluarga, sehingga dampaknya terus ada. Karena 1 event saja tidak cukup untuk mendukung industri wisata olahraga. Supaya orang mau kembali lagi, syaratnya ada 2: pertama dia punya pengalaman yang luar biasa dan kedua dia merasa aman. Itulah yang kami upayakan di sini.”, kata Kiki

Ia mengakui protokol ini masih jauh dari sempurna. Untuk itu pihaknya selalu
mengharapkan masukan dari berbagai pihak agar ke depannya protokol CHSE untuk event triathlon bisa lebih lengkap lagi.

Kendari Triathlon 2021 diselenggarakan secara hybrid, gabungan antara kompetisi
offline dan virtual. Kendari Triathlon 2021 diselenggarakan di Kendari Beach, Sabtu, 29 Mei 2021 diikuti oleh 47 peserta yang terdiri dari 9 atlet triathlon dan 23 warga Kota Kendari.

Sementara Kendari Virtual Duathlon diikuti oleh 483 peserta dari berbagai kota dan berlangsung sejak 23 Mei hingga 30 Mei 2021. Event ini adalah bagian dari rangkaian Indonesia Triathlon Series 202. Perhelatan ini selanjutnya akan digelar di
Palembang, Sumatera Selatan pada Juni mendatang. (ags)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *