Kendari Duduki Peringkat 15 dari 542 Pemda se-Indonesia

Kinerja Pemkot Kendari Diapresiasi KPK

KENDARINEWS.COM — Komitmen Pemkot Kendari memberantas tindak korupsi patut diapresiasi. Dari hasil Montoring Center For Prevention (MCP) yang dilakukan Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK), Kendari berada di zona hijau. Secara nasional, Pemkot Kendari menduduki peringkat ke-15 dari 542 Pemda di Indonesia. Di Sultra, Kendari memperoleh nilai tertinggi.

Inspektur Kota Kendari, Syarifuddin mengatakan upaya pemberantasan korupsi dilingkup Pemkot Kendari mendapat apresiasi dari KPK. Lembaga anti rasuah itu menilai Kota Lulo berhasil mencegah perbuatan tak terpuji itu. Hal tersebut berdasarkan hasil MCP KPK.

“Per 24 Desember 2021, Kendari berada di peringkat 15 dari 542 Pemda di Indonesia. Pemkot memiliki nilai indeks 89,68 persen. Jika dibandingkan dengan 17 Kabupaten/Kota di Sultra, Pemkot Kendari berada pada peringkat pertama,” ujar Syarifuddin kepada Kendari Pos kemarin.

Peningkatan MCP kata dia, didukung 5 dari 7 indikator pendukung yang mencapai nilai di atas 90 persen. Perencanaan dan penganggaran Anggaran Pendapatan Belanja Daerah (APBD) memperoleh nilai 99 persen, pengadaan barang dan jasa 92,6 persen, perizinan 93,5 persen, pengawasan Aparat Pengawasan Intern Pemerintah (APIP) 98,5 persen dan Manajemen Aparatur Sipil Negara (ASN) 99,5 persen.

“Hanya indikator optimalisasi pajak daerah dan manajemen aset daerah yang memiliki nilai di bawah 90 persen,” jelas Syarifuddin.

Terpisah, Wali Kota Kendari, Sulkarnain Kadir menyambut baik capaian tersebut. Menurutnya, keberhasilan pemkot dalam MCP tak lepas dari kerja keras seluruh Organisasi Perangkat Daerah (OPD) dalam memberikan pelayanan terbaik kepada masyarakat dan berkomitmen untuk tidak melakukan korupsi.

“Capaian ini sangat baik, mudahan bisa kita pertahankan terus menerus. Bahkan saya menantang seluruh OPD kalau bisa capai MCP kita bisa mencapai 95 persen tahun ini,” kata Sulkarnain Kadir. (b/ags)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *