Hukum & Kriminal

Kemenkumham Siap Bantu Polisi dan BNN Berantas Narkoba

Kendarinews.com — Komitmen tinggi terhadap pemberantasan narkoba ditegaskan Kanwil Kemenkumham Sultra. Dugaan pengendali narkoba dari balik Lapas seperti pengakuan kurir dan pengedar narkoba, cukup meresahkan.
Kepala Kantor Wilayah Kemenkumham Sultra, Silvester Sili Laba melalui Kadiv Permasyarakatan Kemenkumham Sultra, Drs Muslim, M.Si menegaskan komitmen Kemenkumham Sultra membantu Polisi dan BNN memberantas peredaran narkotika di Bumi Anoa.

“Kami terus berupaya mencegah terjadinya hal-hal yang tidak terduga di Rutan dan Lapas. Misalnya ada dugaan pengendali Narkoba oleh oknum tertentu. Beberapa kali, kami menggagalkan penyelundupan narkotika di Lapas. Setiap kami menemukan oknum narapidana, kami langsung sampaikan ke Polda atau BNNP Sultra,” kata Muslimin. Mengenai kabar adanya pengedar jaringan Lapas, ia belum bisa memastikan kebenarannya. Hingga kini, pihaknya belum menemukan bukti konkret adanya jaringan ini. “Sebagaimana instruksi pusat, secara berjenjang kita satu komitmen menjaga dan mengawasi lapas dan rutan jangan sampai jadi tempat peredaran narkoba,” ujarnya. Untuk mewujudkan komitmen tersebut, pihaknya rutin melakukan sidak dan pemeriksaan terencana. Pengawasan pintu masuk diperketat, seluruh wilayah disterilkan. Mengingat pihaknya selalu mengevaluasi modus yang dilakukan oknum napi. “Dipastikan petugas di lapas dan rutan sangat teliti dan waspada dengan barang yang masuk. Kita selalu bersinergi dengan Polisi dan BNN jika ditemukan narkotika untuk dilakukan pemeriksaan lebih lanjut. Setiap ada kabar peredaran jaringan lapas kita respon cepat, kami bersama Polisi dan BNN berupaya melakukan pembuktian secara nyata,” terangnya. (b/ndi)

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Most Popular

To Top