Metro Kendari

Kemenhub Siap Gelontorkan Anggaran Rp 150 Miliar untuk Kendari New Port

KENDARINEWS.COM – Kendari New Port (KNP) terus dipersiapkan menjadi pintu gerbang perdagangan internasional. Sejumlah fasilitas pendukung dan akses jalan menuju (KNP) terus dilengkapi. Tahun depan, Kementerian Perhubungan (Kemenhub) bakal menggelontorkan anggaran yang cukup fantastis untuk membangun akses KNP.

Kepala Dinas Perhubungan (Dishub) Sultra, Hado Hasina mengatakan pemerintah pusat dan komisi V DPR RI telah memberi sinyal positif terkait pengembangan KNP. Hanya saja, Pemprov diminta menyelesaikan dokumen Analisis Dampak Lingkungan (Amdal) atas rencana pembangunan tersebut. “Amdal pembangunan akses KNP menjadi perhatian serius pemerintah. Tahun depan, dokumen Amdalnya ditargetkan bisa diselesaikan. Untuk anggaran Amdalnya, diperkirakan sekitar Rp 1 miliar,” jelas Hado Hasina.

Jika rampung kata mantan Pj Wali Kota Baubau ini, pemerintah melalui Kemenhub akan mengalokasikan anggaran sebesar Rp 150 Miliar untuk membangun akses KNP pada tahun 2021 mendatang. “Saya kira ini sinyal positif. Tugas kami, hanya tinggal melengkapi dokumen perencanaannya,” kata Hado Hasina.

Untuk menggolkan proyek tersebut lanjut mantan Kadis Pekerjaan Umum (PU) Buton Utara (Butur) ini, pihaknya akan mengajukan anggaran penutusan dokumen penunjangnya di APBD perubahan. “Pada prinsipnya, ini menjadi perhatian. Terlebih, wakil kita di Komisi V sebagai perjuangan pembangunan daerah telah memberi support. Jadi, kalau anggaran memungkinkan dan cukup, akan kita anggarkan pada perubahan,” pungkasnya. (b/yog)

Pembangunan Akses Jalan Menuju KNP
-Kemenhub dan Komisi DPR RI Beri Restu
-Anggaran Pembangunan Sekitar Rp 150 Miliar
-Syaratnya, Pemprov Wajib Tuntaskan Amdalnya
-Taksiran Dokumen Amdalnya Rp 1 Miliar
-Dishub Berencana Usulkan Anggaranya di Perubahan

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Berita Terbaru Lainnya

To Top