Sulawesi Tenggara

Kemenag Sultra Buka Pendaftaran Pengurus Baznas Periode 2022 – 2027

H.Jumain

KENDARINEWS.COM–Masa kepengurusan Badan Amil Zakat Nasional (Baznas) Sultra akan berakhir pada Desember tahun ini. Atas dasar itu, Kantor Wilayah (Kanwil) Kementerian Agama (Kemenag) Sultra sudah membuka pendaftaran kepengurusan Baznas untuk periode 2022 – 2027. Pendaftaran sudah dibukan sejak 10 Agustus sampai 18 September mendatang.

Kepala Bidang Penais dan Pemberdayaan Zakat dan Wakaf Kemenag Sultra, H.Jumain mengatakan pendaftaran pengurus Baznas Sultra terbuka untuk umum. Setiap warga bisa mendaftarkan dirinya sebagai calon pengurus dengan catatan tidak berstatus sebagai Aparatur Sipil Negara (ASN), bukan anggota TNI/Polri, dan bukan anggota Partai Politik (Parpol).

“Bagi mereka yang berstatus ASN dan berminat untuk mendaftarkan diri maka sebelumnya harus menonaktifkan dirinya sebagai ASN. Itu juga berlaku bagi anggota TNI/Polri dan anggota Parpol,” kata Jumain, Sabtu (21/08/2021).

Mantan Kepala Kantor Kemenag Bombana ini mengaku, alasan pihaknya membuka waktu pendaftaran cukup panjang yakni sekira 40 hari untuk membuka peluang yang sebesar besarnya bagi masyarkat. Selain itu, sudah berdasarkan petunjuk teknis seleksi agar pendafta bisa menacapai diatas 10 orang.

“Jika dalam kurun waktu 40 hari belum mencapai diatas 10 pendaftar maka, pendaftara kita perpanjang hingga 14b kedepan. Jika masih belum mencukupi maka kami bisa menunjuk langsung yang dianggap memiliki kompetensi mengurus zakat untuk mengikuti seleksi,” kata Jumain.

Setelah terkumpul diatas 10 pendaftar, lanjut Jumain, pihaknya bakal melakukan seleksi adminsitrasi terhadap calon pengurus. Panitia akan memastikan pendaftar tidak pernah terjerat atau bermasalah dengan hukum, bukan CASN, anggota TNI/Polri dan Parpol, dan yang paling utama calon pengurus punya kemampuan atau kompetensi dalam mengelola zakat dan punya keinginan kuat dari dirinya untuk mengembangkan Baznas Sultra.

“Nanti berkasnya kita pelajari dan kalau kita sudah anggap oke, maka tahap selanjutnya kami melakukan seleksi tertulis, setelah selesai seleksi tertulis, dilanjutkan seleksi wawancara. Nah hasil dari wawancara ini, menghasilkan 10 nama yang akan kita ajukan ke Gubenur Sultra untuk dikirim ke Baznas Pusat. Nanti pusat akan menentukan lima terbaik untuk kemudian dikukuhkan sebagai pengurus Baznas periode 2022 – 2027 oleh Gubernur Sultra,” kata Jumain. (ags)

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Most Popular

To Top