Metro Kendari

Kemenag Kota Kendari : Pemberangkatan Calon Jamaah Haji Belum Ada Kejelasan

KENDARINEWS.COM — Pemberangkatan calon jemaah haji (CHJ) tahun 2021 atau 1442 Hijriah belum ada kepastian. Kendati demikian, Kementerian Agama (Kemenag) Kota Kendari tetap mempersiapkan calon jamaah haji (CJH) yang akan diberangkatkan. Di Kota Kendari, sebanyak 563 CJH yang siap menuaikan ibadah haji. Kepala Kantor Kemenag Kendari, Zainal Mustamin mengaku belum mendapatkan informasi kepastian pemberangkataan calon jemaah ke tanah suci. Hingga kini, Kerajaan Arab Saudi belum membuka ruang. Pasalnya, pandemi covid-19 belum berakhir.

“Saya sudah berkonsultasi ke Kemenag pusat melalui Direktur Bina Haji. Berdasarkan keterangan, belum ada informasi apa-apa sampai hari ini. Namun Kemenag tetap memberi deadline kepada Arab Saudi agar informasi (pemberangkatan) disampaikan bulan Maret ini,” kata Zainal Mustamin. Kendati belum mendapatkan informasi mengenai kepastian pemberankatan CJH, pihaknya tetap mengantisipasi dengan menyiapkan CJH sekira 563 orang yang sudah mendaftar tahun lalu dan sudah melakukan pelunasan biaya haji. Saat ini, pihaknya menyiapkan tiga skenario pemberangkatan CJH tahun ini.

Pertama, Arab Saudi memberikan kuota penuh kepada kemenag untuk memberangkatkan jamaahnya. Artinya, seluruh jamaah di Indonesia yang jumlahnya sekira 221 ribu jemaah atau kota Kendari sekira 563 jemaah bisa berangkat. Kedua, kemungkinan ada pembatasan kuota sebesar 50 persen dan Ketiga, kemungkinan tidak ada pemberangkatan haji jika wabah covid-19 masih jadi pandemi dan belum terkendali.

Mustamin berharap pemerintah Arab Saudi tetap memberikan kuota pemberangkatan jemaah agar tidak menambah panjang daftar tunggu jamaah haji Kota Kendari yang kini sudah mencapai sebesar 10.040 orang. “Mudah-mudahan Kemenag pusat terus mengupayakan lobi dan permintaan alokasi haji kepada pemerintah Arab Saudi,” ujarnya.
Untuk persiapan jemaah, Zainal mengaku jamaah asal Kota Kendari sudah siap. Sejak awal, pihaknya telah menganjurkan CJH untuk mengikuti manasik haji secara mandiri. “Kami juga telah memberikan link pembelajaran manasik haji melalui media sosial dan pesan berantai,” ungkapnya.

Terpisah, Wali Kota Kendari, Sulkarnain Kadir menyambut baik upaya kemenag yang telah mempersiapkan jemaahnya berangkat pada musim haji tahun ini. Meskipun belum ada jadwal pasti, lanjut dia, persiapan perlu dilakukan agara jemaah bisa tahu apa yang harus dilakukan ketika sampai ditanah suci apalagi dimasa pandemi covid-19 saat ini. “Saya harap kemenag memperhatikan betul calon jemaah haji kita, baik dari segi kesiapan mental dan fisik yang utama. Tetap mengacu pada protokol kesehatan agar tidak terpapar covid-19. Kita tidak lupa berdoa yang terbaik, semoga semua berjalan lancar tanpa Kendala,” kata Sulkarnain Kadir. (b/ags)

Ibadah Haji Tahun 2021/1442 Hijriah
-Kendari Siapkan 563 CJH
-CHJ Mengikuti Manasik Haji Mandiri
-Link Pembelajaran Dibagi Melalui Medsos dan Pesan Berantai-Daftar Tunggu Kendari 10.040 Orang

Tiga Skenario Pemberangkatan

  1. Kuota Penuh. Artinya, 221 Jamaah Indonesia termasuk Kendari sebanyak 563 jamaah berangkat.
  2. Kuota 50 Persen. Hanya sebagain yang berangkat.
  3. Tidak ada Pemberangkatan.
Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Most Popular

To Top