Metro Kendari

Kemenag Kendari Scan dan Arsipkan 5 Dokumen Pendaftaraan Haji

KENDARINEWS.COM — Untuk mencegah kerusakan, Kementerian Agama (Kemenag) Kota Kendari mendigitalisasi dokumen pendaftaran calon jemaah haji (CJH). Seluruh berkas administrasi CJH akan discan untuk diarsipkan. Tidak hanya itu, digitalisasi dokumen ini akan berlanjut ke jemaah haji tahun 2014 hingga 2019.

“Untuk mengatasi itu, kami punya inovasi dari Seksi Penyelenggaraan Haji dan Umroh (PHU) untuk melakukan digitalisasi dokumen. Mulai Februari kemarin, kami mulai melakukan scanner dokumen jemaah yang siap berangkat tahun ini. Ada sekitar 563 orang. Itu sudah kita selesaikan scannernya,” kata Zainal Mustamin, kemarin.

Ada lima jenis dokumen pendaftaran haji yang discan. Yakni meliputi berkas validasi pendaftaran haji, Kartu Keluarga (KK) dan Buku Nikah, Kartu Tanda Penduduk (KTP), Ijazah, dan nomor porsi pemberangkatan haji. “Setelah di scanner, dokumen kita taruh di Hardisk internal. Setelah itu nanti kalau ada anggaran kita akan membuat server yang bisa dihubungkan dengan website sehingga jamaah bisa mengakses dokumen atau data yang mereka miliki untuk kepentingan informasi pelayanan haji,” kata Mustamin.

Selain mendigitalisasi berkas calon jemaah haji, pihaknya juga berencana akan mendigitalisasi seluruh dokumen jemaah haji 2019 hingga 2014 lalu. “Kami pastikan dokumen jemaah setelah di scan aman kerhasiaannya. Meskipun dokumen manualnya hilang, itu dokumen scannya ada,” kata Zainal Mustamin. (b/ags)

Dokumen Pendaftaran Haji yang Discan
-Berkas Validasi Pendaftaran Haji
-Kartu Keluarga (KK) dan Buku Nikah
-Kartu Tanda Penduduk (KTP)
-Ijazah Jemaah
-Nomor Pemberangkatan Haji

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Most Popular

To Top