Buton

Kemenag Buton Optimalkan Pelayanan Haji

KENDARINEWS.COM — Pelayanan haji bagi masyarakat Buton kini tidak lagi tergabung dengan Baubau, seperti tahun-tahun sebelumnya. Kemenag Buton sudah menyiapkan server sendiri untuk melayani para pendaftar tamu Allah itu. Olehnya itu, jika ada masyarakat yang masih menganggap jarak adalah kendala untuk ke kantor pelayanan haji, kini alasan itu sudah tersiasati.

Kepala Kantor Kementerian Agama (Kemenag) Kabupaten Buton, Mansur, mengatakan pelayanan pendaftaran haji di instansinya sudah dibuka sejak Oktober 2020 lalu. Hanya saja masyarakat masih belum tahu. Diakuinya, masih kurangnya sosialisasi menjadi penyebab.
“Ada yang mendaftar, tapi baru lingkungan Pasarwajo, sepertinya kecamatan lain belum tahu kalau kita sudah melayani pendaftaran haji dengan cara mandiri di sini, yah ini juga karena masih kurangnya sosialisasi karena pandemi juga,” jelasnya.

Dia mengimbau pihak Kantor Urusan Agama (KUA) di tingkat kecamatan bisa turut menyosialisasikan layanan haji tersebut. Agar masyarakat tidak perlu dibuat lelah lagi bolak balik berurusan di Baubau. “Saya sudah instruksikan juga KAU, supaya ikut sosialisasi di tingkat mereka,” tambahnya.

Untuk diketahui daftar tunggu haji di Sultra termasuk di Kabupaten Buton sudah 22 tahun. Mendaftar tahun ini, maka nanti tahun 2043 baru ke tanah suci. Olehnya itu, masyarakat diingatkan jika sudah ada niat dan tekad langsung mendaftar. “Itu bayar setengah dulu, nanti sudah ada panggilan berangkat baru dilunasi. Jadi kalau sudah ada niat, segerakanlah,” imbau Mansur. (c/lyn)

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Berita Terbaru

To Top