Kemenag-Alumni UII Kolaborasi Hijaukan Madrasah

KENDARINEWS.COM — Kanwil Kementerian Agama (Kemenag) Sultra bersama Alumni Universitas Islam Indonesia (UII) melaksanakan penanaman pohon di Madrasah Aliyah Negeri (MAN) 1 Kendari, kemarin. Penanaman pohon diharapkan bisa mewujudkan madrasah yang hijau, rindang, dan asri.

Kepala Kanwil Kemenag Sultra, H. Zainal Mustamin mengapresiasi kolaborasi yang terjalin bersama alumni UII DPW Sultra. Menurutnya, kerjasama yang terbangun melalui program gerakan alumni menanam sejuta pohon sejalan dengan program Kemenag yang ingin mewujudkan Go Green Madrasah.

Ketua IKA UII DPW Sultra, H. Abdurrahman Shaleh (kanan bersama Kepala Kanwil Kemenag Sultra, H. Zainal Mustamin (tengah) melakukan penanaman pohon di Madrasah Aliyah Negeri (MAN) 1 Kendari, kemarin. AGUS SETIAWAN/KENDARI NEWS

Di sisi lain, gerakan alumni menanam sejuta pohon ini menjadi rangkaian peringatan Hari Amal Bakti (HAB) Kemenag ke-76. “Kami menyampaikan terima kasih kepada alumni yang telah mensuport Hari Amal Bakti Kementerian Agama melalui gerakan penanaman pohon,” ujar Zainal, usai penanam pohon di Pelataran MAN 1 Kendari, kemarin.

Tidak hanya melakukan penanaman pohon, pihaknya juga aktif dalam mengedukasi warga madrasah mulai dari guru dan santri tentang pelestarian bumi dengan menjaga alam ini. “Kami harap warga madrasah tidak merusak alam. Namun sebaliknya menjaganya dengan menanam pohon untuk memperkaya khazanah bumi alam ini dengan susasana yang lebih hijau, rindang dan asri,” kata Zainal Mustamin.

Pada kesempatan yang sama, Ketua Ikatan Alumni (IKA) UII DPW Sultra, H. Abdurrahman Shaleh mengatakan, gerakan alumni UII menanam sejuta pohon merupakan bentuk komitmen dan dukungan alumni terhadap peletarian lingkungan. Penanaman pohon telah dimulai sejak 31 Desember 2021 di Konawe Kepulauan (Konkep). Gerakan tersebut berlanjut tahun ini dengan menyasar seluruh madrasah.

“Kami merasa bangga Kementerian Agama tidak hanya mendidik anak-anak, tapi sekarang sudah sudah mencanangkan Go Green Madrasah. Gerakan alumni menanam sejuta pohon ini juga merupakan bentuk dukungan kami pada peringatan Hari Amal Bakti (HAB) ke-76,” kata Abdurrahman Shaleh. (b/ags)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *