Metro Kendari

Kembangkan Objek Wisata di Kendari, Pemkot Ajukan Anggaran Rp 8 Miliar ke Kemenparekraf

KENDARINEW.COM — Kendari menjadi kota penyanggah wisata di Sultra. Atas dasar itu, Pemkot Kendari berencana mengembangkan sejumlah objek wisatanya. Sebagai langkah awal, Pemkot telah mengajukan bantuan anggaran sebesar Rp 8 miliar untuk tiga objek wisata ke Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Kemenparekraf). Ketiga objek tersebut adalah wisata Pantai Nambo, Kebun Raya Kendari, dan Tambat Labuh. Pengembangan tiga objek itu diharapkan bisa memicu jumlah wisatawan.

Abdul Rifai

Kepala Dinas Kebudayaan dan Pariwisata (Disbudpar) Kota Kendari, Abdul Rifai, pengembangan tiga objek wisata itu sangat penting dilakukan untuk meningkatkan kualitas sarana dan prasaraan wisata. Jika itu terpenuhi, maka akan meningkatkan kunjungan wisatawan.

Di sisi lain, pengajuan tiga objek itu, dikarenakan statusnya yang merupakan kawasan pengembangan wisata di Kendari dan masuk dari bagian yang dipersyaratkan Kemenparekraf. “Kita sudah ajukan, Kita sudah usul semua dokumen yang diperlukan seperti rencana kerja, serta bukti kepemilikan objek wisata oleh pemda. Mudah-mudahan diakomodir pemerintah pusat (Kemenparekraf),” kata Abdul Rifai.

Terpisah, Koordinator Area III Wilayah Sulawesi Kemenparekraf RI, Agus Suprihastono mengaku telah menerima usulan itu. Pihaknya mengupayakan agar Kota Kendari mendapatkan bantuan tersebut yang sumber pembiayaanya melalui Dana Alokasi Khusus (DAK) Kemenparekrat tahun depan (2021).

“Kendari merupakan wilayah penyangga Destinasi Pariwisata Prioritas (DPP) Wakatobi. Kita upayakan dapat DAK supaya sektor pariwisatanya bisa bangkit kembali, sehingga bisa dikunjungi banyak orang,” pungkasnya. (b/ags)

Objek Wisata yang akan Dikembangkan
-Pantai Nambo
-Kebun Raya Kendari
-Tambat Labuh

Ajukan Anggaran Rp 8 Miliar
Peningkatan Kualitas Sarana dan Prasarana

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Berita Terbaru


To Top