Bombana

Kejari Bombana Selamatkan Uang Negara Rp 1 Miliar

KENDARINEWS.COM — Tak hanya penanganan perkara dan penegakkan hukum, Kejaksaan Negeri (Kejari) Bombana tetap fokus penyelamatan uang negara. Dari sejumlah perkara tindak pidana korupsi, lembaga yang dipimpin Andi DJ Konggoasa SH MH berhasil menyelamatkan uang negara sebesar Rp 1 miliar. Sepanjang Januari-Juni 2021 ini, Kejari Bombana menangani berbagai macam perkara di bidang Pembinaan atau Pidana Umum (Pidum), Intelijen, Pidana Khusus (Pidsus) serta Perdata dan Tata Usaha Negara (TUN).

Kajari Bombana, Andi DJ Konggoasa SH MH (duduk) foto bersama jajarannya

Kepala Kejaksaan Negeri (Kajari) Bombana, Andi DJ Konggoasa SH MH mengungkapkan perkara yang masuk ditangani masing-masing bidang. Di bidang Intelijen misalnya, terdapat beberapa kasus yang telah dilakukan pemeriksaan. Diantaranya, dugaan penyelewengan Dana Desa (DD), pelacakan aset para tersangka hingga adanya dugaan komersialisasi pelabuhan yang ada di wilayah Kabaena.

Kepala Kejari Bombana, Andi DJ Konggoasa SH MH (tiga dari kiri)
berpose dengan para Kepala Seksi Kejari Bombana

“Ada beberapa kasus penyelewengan DD yang dilakukan Kepala Desa ini tengah ditindaklanjuti. Sudah ada yang ditetapkan menjadi tersangka,” kata Andi DJ Konggoasa SH MH kemarin.

Selain penindakan, Kejari Bombana tetap berupaya melakukan pencegahan. Makanya, pihaknya masih memberikan bantuan atau petunjuk penggunaan DD yang baik dan benar. Untuk memastikan tidak adanya penyelewenangan anggaran, Kejari turut berkoordinasi dengan Inspektorat agar lebih memaksimalkan pemahaman Kepala Desa.

Sejumlah penyelewengan DD lanjutnya, ada juga yang ditangani bidang Pidana Khusus (Pidsus). Sebab ada beberapa perkara penyelewengan DD yang statusnya sudah dinaikkan ke tahap penyidikan. Selain itu, pihaknya juga telah melakukan penamganan perkara penyelewengan pembangunan salah satu gedung SMA di Bombana.

“Tahun ini, kami melakukan penuntutan perkara DD yang menyeret Kepala Desa dan Sekretaris desa Rau-Rau. Ditenggarai keduanya bekerjasama menyalahgunakan kewenangan sehingga mengakibatkan kerugian negara,” terangnya.

Di bidang pidana umum (Pidum), pria kelahiran Ternate ini mengaku telah menerima surat pemberitahuan dimulainya penyidikan sebanyak 55 kasus. Saat ini, perkaranya telah dilimpahkan ke pengadilan. Kasus tersebut didominasi perkara penipuan dan pencurian sebanyak 27 perkara,
keamanan dan ketertiban umum serta tindak pidana umum lainya sebanyak 15 perkara dan narkotika sebanyak 14 perkara.

“Untuk bagian barang bukti, sejauh ini kami telah berhasil menyetor sekitar kurang lebih Rp 11 juta atas 228 pelanggar PNBP. Kejari Bombana juga telah melakukan pengembalian barang bukti sejumlah 11 unit sepeda motor. Semua itu kita dapatkan dari 12 perkara narkotika, 1 perkara pembunuhan dan 4 perkara perjudian,” terangnya.

Kasus yang ditangani bidang Perdata dan Tata Usaha Negara (Datun), berhasil melakukan pengembalian uang negara sekitar Rp 653 Juta. Dana tersebut bersumber dari Surat Kuasa Khusus (SKK) dari Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Bombana untuk penagihan retribusi galian C. Sampai hari ini, Kejari Bombana sudah melakukan penagihan sebesar kurang lebih Rp 500 juta.

“Kita mengimbau dan menyadarkan para pengusaha agar mendaftarkan karyawannya agar didaftarkan BPJS ketenaga kerjaanya. Sampai hari ini perusahaan yang sudah melakukan pembayaran sebesar Rp 164 juta. Atas beberapa perkara yang telah ditangani, Kejari Bombana telah berhasil melakukan pengembalian uang negara sebesar Rp 944,386 Juta. Angka tersebut tentu bakal terus bertambah melalui kinerja yang dilakukan pohaknya dan jajaranya,” ujar Andi DJ Konggoasa SH MH.

Hingga semeter pertama, Kejari Bombana telah melakukan realisasi anggaran sebesar 54,18 persen. Dirinya optimis realisasi anggaranya bakal mencapai angka 100 persen di penghujung tahun. “Saya dan seluruh jajaran Kejari Bombana bakal terus melakukan penguatan dan meningkatkan kinerja untuk kedepanya. Semuanya harus berjalan dengan baik, khususnya yang berkaitan dengan pengembalian uang ibu pertiwi,” pungkasnya. (b/idh)

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Berita Terbaru


To Top