Metro Kendari

Kecelakaan Menurun, Klaim Jasa Raharja Hanya Rp 1,2 Miliar

KENDARINEWS.COM — Klaim asuransi Jasa Raharja di Sultra mengalami penurunan. Tercatat, hingga per Januari 2021 perusahaan pelat merah itu hanya membayarkan sekira Rp 1,2 miliar klaim asuransi masyarakat. Capaian tersebut lebih rendah dari periode sebelumnya (Januari 2019) sebesar Rp 2 miliar.

Kepala Jasa Raharja Sultra, Abubakar Aljufri mengungkapkan, penurunan angka klaim asuransi disebabkan oleh menurunnya angka kecelakaan lalu lintas dijalan raya. Pandemi covid-19 membuat mobilitas warga berkurang. “Sebagian besar kegiatan masyarakat dilakukan secara daring dari rumah sehingga mengurangi jumlah angka kecelakaan yang terjadi. Ini sangat baik sebetulnya,” kata Abubakar.

Kendati demikian, pihaknya tak henti mengimbau masyarakat untuk tetap mematuhi peraturan lalu lintas jalan raya agar bisa selamat sehingga tidak termasuk orang yang mengklaim asuransi. Dengan demikian, anggaran asuransi tersebut bisa digunakan untuk pembiayaan pembangunan daerah. Di sisi lain, pihaknya berkomitmen memberikan pelayanan prima kepada masyarakat dengan digitalisasi yang ada. Misalnya saja, memasuki awal tahun ini pihaknya telah menyelesaikan santunan bagi korban meninggal dunia ditempat akibat kecelakaan kecelakaan lalulintas hanya dalam kurun waktu satu hari.

“Salah satu peningkatan kinerja kami terkait penyerahan santunan ini dikarenakan adanya transformasi proses pembayaran santunan secara digital melalui cash management system (CMS) BRI untuk proses transfer ke seluruh rekening Bank pihak penerima santunan,” kata Abubakar.
“Ini tentunya sangat memudahkan pihak korban maupun ahli waris korban dalam menerima santunan, dan dana santunan diserahkan utuh tanpa ada potongan atau biaya apapun,” pungkasnya. (b/ags)

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Berita Terbaru Lainnya

To Top