Metro Kendari

Kasus Covid-19 Didominasi OTG

drg Rahminingrum

KENDARINEWS.COM — Jumlah kasus Covid-19 di Kota Lulo terus mengalami peningkatan. Hingga kini, tercatat sebanyak 100 pasien aktif Covid-19. Dinas Kesehatan (Dinkes) menyebut, ratusan pasien dalam perawatan itu didominasi oleh pasien dengan kategori Orang Tanpa Gejala (OTG).

Kepala Dinkes Kendari, drg Rahminingrum mengatakan bagi masyarakat yang terkonfirmasi positif Covid-19 namun tidak ada gejala, diwajibkan untuk isolasi secara mandiri di rumah dengan pengawasan ketat dari Satgas Percepatan Penanganan Covid-19. Sebaliknya, masyarakat yang terpapar dan menimbulkan gejala seperti demam tinggi, flu dan batuk kering, serta sesak napas maka akan dilakukan rawat inap.

“Untuk di RSUD (Rumah Sakit Umum Daerah) Kendari itu yang dirawat hanya 9 orang, jadi memang lebih banyak yang OTG. Mereka yang OTG sudah isolasi mandiri yang dipantau langsung oleh Bhabinkamtibmas dan Puskesmas,” ungkap Rahminingrum kemarin.

Rahminingrum menjelaskan, adanya kenaikan penularan kasus Covid-19 diakibatkan dari transimisi lokal. Apalagi ada sebagian warga memiliki riwayat perjalanan dari luar Kota. “Transmisi lokal, dapat diartikan sebagai kasus infeksi yang terjadi antar masyarakat lokal. Makanya ada kebijakan mengunci lokal Wilayah Kendari yang ada Corona nya,” jelasnya. (b/ags)

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Most Popular

To Top