Nasional

Kartini Award untuk Perempuan Hebat Sultra

Malam Ini, Penganugerahan Kartini Award Digelar

Kartini Award Diserahkan Gubernur Sultra

KENDARI, KENDARINEWS.COM–Jejak perjuangan emansipasi wanita oleh Raden Ajeng (RA) Kartini menapak dan melintasi zaman. Di era kekinian, perempuan Sultra terjun dalam berbagai bidang profesi. Mereka mengemban beragam amanah dan memegang posisi strategis.

Kendati perempuan Sultra itu adalah ibu rumah tangga, namun mereka juga terjun ke ranah politik, akademisi, dan lembaga sosial. Perannya tak kalah strategis dengan laki-laki. Kendari Pos mencatat 16 perempuan hebat Sultra yang patut dianugerahi Kartini Award (lihat infografis). Tak sedikit kontribusi 16 Kartini hebat itu dalam bingkai pembangunan Sultra.

Mereka berkontribusi sebagai pejuang emansipasi wanita di jazirah Sultra. Atas dedikasi dan pengabdian itu, Kendari Pos menganugerahkan penghargaan Kartini Award 2021. Seremoni penyerahan Kartini Award 2021 dalam forum rapat konsultasi (Rakon) TP PKK Sultra di Swiss-Belhotel Kendari, malam ini dan diserahkan Gubernur Sultra, Ali Mazi.

Anugerah Kartini Award 2021 kepada perempuan tangguh Sultra itu menjadi pelecut semangat Kartini masa kini lainnya untuk berkarya dan berkontribusi terhadap pembangunan daerah. “Wanita tidak lagi seperti kita bayangkan yang hanya di rumah saja. Tapi, Kartini masa kini lebih tangguh, menginspirasi dan berjiwa pemimpin. Wanita tidakbisa dipandang sebelah mata. Banyak wanita yang bisa berprestasi juga akibat ketangguhannya,” ujar Agista Ariany, Ketua TP PKK Sultra dalam sebuah kesempatan.

Ketua TP PKK Kendari, Hj.Sri Lestari Sulkarnain menyebut perhelatan Kartini Awardtahun 2021 ini menjadi ajang untuk memacu diri dalam berkreasi dan berinovasi menghadirkan karya nyata yang bermanfaat bagi masyarakat. “Jadi bukan hanya sekedar menerima award semata. Tapi bagaimana kita bisa hadir di tengah masyarakat dan bisa bermanfaat bagi mereka. Penghargaan ini harus dimaknai sebagai awal untuk berkarya, menghadirkan yang terbaik buat daerah dan bangsa ini,” kata Sri Lestari kepada kendarinews.com.

Terpisah, Manager Event Kendari Pos, Nursyamsi Abidin mengatakan kesiapan teknis gelaran penganugerahan Kartini Award rampung 100 persen. Dia memastikan pelaksanaan malam penganugerahan Kartini Award menerapkan protokol kesehatan (Prokes) pencegahan penyebaran Covid-19.

“Penerapan prokes ketat itu sangat penting untuk mencegah penularan Covid-19. Kami sudah berkoordinasi Satgas Pencegahan Covid-19 dan pihak keamanan. Semua mendukung, dan dipastikan aman,” kata Nursyamsi.

Sekedar informasi, malam penganugerahan Kartini Award tahun ini akan dibuka Gubernur Sultra H.Ali Mazi. Selain penyerahan Kartini Award, Rabu, 26 Mei 2021 dilanjutkan dengan rapat konsultasi (Rakon) yang dipimpin Ketua TP PKK Sultra, Agista Ariany Ali Mazi. (ags/b)

Infografis

Kartini Award Tahun 2021

1. Agista Ariany Ali Mazi, S.E

Ketua TP PKK Sultra/Ketua Umum KONI Sultra

2.dr.Hj.Siska Karina Imran, SKM

Wakil Wali Kota Kendari

3.Hj.Sri Lestari, S.Pd., M.Si

Ketua TP PKK Kota Kendari

4.Hj. Andi Nirwana Tafdil, S.P., M.M

Anggota DPD RI/Ketua TP PKK Bombana

5.Prof.Dr. Faizah Binti Awad, M.Pd

Rektor IAIN Kendari

6.Dra.Hj.Isma, M.Si

Kepala BPKAD Prov.Sultra

7.Hj.Sitti Saleha, SE.,M.Si

Kepala Dinas Perindag Prov.Sultra

8.Yanti Setiawati, SE.,M.Si

Ketua TP PKK Kab.Muna

9.Delya Montolalu

Ketua TP PKK Kab.Buton

10.Hayati Hasan

Direktur Pemasaran Bank Sultra

11.Askrening, SKM.,M.Kes

Direktur Poltekkes Kemenkes Kendari

12.Martini Hi Lodji, SH

Ketua Dharma Wanita Persatuan Bank Sultra

13.Dr. Cici Ita Ristianty, SE.,ME

Kepala BPPRD Kab.Konawe

14.Dessy Indah Rachmat

Ketua Perempuan Indonesia Raya (PIRA) Sultra

15.Israwati

Translator PT.VDNi

16.Upi Sri Rahayu Divisi Batching Plant PT.OSS

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Berita Terbaru

To Top