Metro Kendari

Kapolda Puji Inisiatif Bhayangkari Sultra

KENDARINEWS.COM — Pengurus Bhayangkari Sultra tidak ingin tinggal diam. Di masa pandemi covid-19, mereka turut membantu pemerintah dalam pemenuhan kebutuhan pangan. Kamis (17/12), mereka mendirikan Rumah Bibit dan Pekarangan Pangan Lestari (P2L) di halaman Mapolres Kendari. Acara peresmiannya turut dihadiri Kapolda Sultra, Irjen Pol Yan Sultra Indrajaya. Kapolda Sultra, Irjen Pol Drs Yan Sultra Indrajaya mendukung program yang dilakukan Bhayangkari Sultra. Menurutnya, hal ini sejalan dengan misi pemerintah terkait ketahanan pangan nasional. Mengingat terbatasnya aktivitas masyarakat di tengah pandemi covid-19.

“Pekarangan Pangan Lestari merupakan implementasi dan kontribusi nyata dalam mendukung ketahanan pangan. Dalam kondisi pandemi, reformasi fundamental dalam bidang pangan harus didukung. Saya berharap agar program semacam ini dapat dilaksanakan di daerah lain di Sultra,” ujar jenderal bintang dua ini saat meresmikan Rumah Bibit dan P2L. Ketua Bhayangkari Sultra, Peggy Yan Sultra mengatakan Rumah Bibit dan P2L merupakan upaya lembaganya membantu pemerintah mengantisipasi terjadi krisis pangan di masa pandemi. Dengan memanfaatkan lahan kosong di Polres Kendari, ia membuat kebun bibit serta P2L di lahan. Ia lalu membentuk Kelompok Wanita Tani (KWT) Pangan Kemala (PAKEM).

“Sebelum dibuat Pekarangan Pangan Lestari, tadinya lahan yang berada di kawasan Polres Kendari ini hanya lapangan rumput. Sekarang kita ubah menjadi lahan produktif seperti membuat rumah bibit, kolam ikan dan hidroponik,” katanya. Luas P2L katanya, sekitar 702 meter persegi. Saat ini, pihaknya telah menyemai 10.360 benih yang sudah menjadi bibit, baik itu sayuran maupun tanaman obat keluarga (Toga). Untuk sayuran, ada 14 jenis sayuran yang disediakan. Proses penanamannya melibatkan 30 anggota Bhayangkari. “P2L menjadi bagian dari upaya meningkatkan kesejahteraan Bhayangkari. Program ini sejalan dengan program pemerintahan baik di pusat maupun daerah. Kami mengucapkan terimakasih atas dukungan dari Pemkot Kendari dalam hal ini Dinas Ketahanan Pangan,” ujarnya.

Asisten I Pemkot Kendari, Agus Salim mengapresiasi inisiatif pengurus Bhayangkari Sultra. Menurutnya, pemanfaatan lahan pekarangan dengan bercocok tanam merupakan solusi tepat dimasa pandemi. Sebab hasilnya bisa membantu pemenuhan kebutuhan keluarga. Makanya, pihaknya sangat mensupport program Bhayangkari Sultra. “Pekarangan bisa dimanfaatkan untuk menanam berbagai jenis sumber pangan lokal seperti ubi kayu, dan jagung yang bisa menunjang kehidupan keluarga. Artinya, jangan ada pekarangan yang dibiarkan kosong tanpa tanaman. Sebab ini menjadi gerbang menuju kemandirian pangan. Semoga terus berkelanjutan,” pintanya. (c/ndi)

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Berita Terbaru Lainnya

To Top