HEADLINE NEWS

Kamar Pasien Covid-19 Masih Aman : Dari 654 Bed, Baru 116 yang Terisi

KENDARIPOS.CO.ID — Jumlah kasus Covid-19 di Kota Kendari terus mengalami peningkatan. Hingga kemarin, jumlah pasien aktif Covid-19 tercatat sebanyak 388 orang. Namun demikian, tingkat keterisian pasien covid-19 Rumah Sakit (RS) rujukan masih aman. Saat ini, pemakaian tempat tidur tercatat sebanyak 166 bed (39,40 persen) dari 654 bed yang disiapkan pemerintah.

Kepala Dinas Kesehatan (Dinkes) Kota Kendari, drg Rahminingrum mengatakan peningkatan jumlah pasien terkonformasi positif Covid-19 belum berpengaruh signifikan terhadap pemakaian tempat tidur di RS rujukan maupun beberapa tempat karantina di Kota Kendari.

“Masih aman. Jumlah tempat tidur masih banyak yang kosong dan bisa diisi oleh pasien yang dalam perawatan atau masa penyembuhan. Kalau pasien yang terinfeksi (Covid-19) tapi tidak ada gejala itu kami sarankan untuk isolasi secara mandiri dirumah masing-masing dengan pengawasan ketat oleh Satgas,” kata Rahminingrum, kemarin.

Ia menyebut, keterisian tempat tidur pasien Covid-19 di Kendari masih cukup baik jika dibandingkan dengan beberapa daerah lain di Indonesia yang bahkan sudah melewati 100 persen.

“Masih banyak yang kosong (tempat tidur) rata-rata rumah sakit kita baru menampung pasien sekitar 35 persen. Itu pun masih ada yang kosong seperti di rumah sakit jiwa (RSJ) dan ada dua tempat karantina seperti di Kantor Diklat (Pendidikan dan Latihan) Sultra dan Kantor Bapelkes (Balai Pelatihan Kesehatan) Sultra,” ungkap Rahminingrum.

Kendati masih banyak tempat tidur yang belum terpakai, Rahminingrum berharap tidak terjadi lonjakkan kasus sehingga tidak memberikan dampak pada pemakaian tempat tidur disejumlah rumah sakit dan tempat karantina Covid-19 di Kendari. “Mudah-mudahan tidak ada lonjakkan. Saya harap seluruh warga tetap mematuhi protokol kesehatan dengan menggunakan masker, mencuci tangan, menjaga jarak, menghindari kerumunan dan mengurangi mobilitas,” kata Rahminingrum. (b/ags)

RS dan Faskes Rujukan Pasien Covid-19
Lokasi Perawatan Terisi Kapasitas
RSUD Kendari 57 pasien 65 bed
RS Bahteramas 57 pasien 126 bed
RS Bhyangkara 12 Pasien 22 bed
RS Ismoyo 7 Pasien 41 bed
RS Hermina 23 Pasien 30 bed
SMAN Angkasa 10 Pasien 108 bed
RS Jiwa – 10 bed
Bapelkes – 134 bed
Badan Diklat Sultra – 184 bed

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Berita Terbaru


To Top