Nasional

Kadin-Dikbud Kompak Berdayakan Alumni SMK


KENDARINEWS.COM — Kamar Dagang dan Industri Indonesia (Kadin) Sultr dan Dinas Pendidikan dan Kebudayaan (Dikbud) Sultra punya visi bersama dalam dunia pendidikan. Kadin Sultra dalam komando Ketua Umum Anton Timbang ingin berkontribusi dalam pembangunan sumber daya manusia (SDM) Sultra. Niatan mulia itu direspons Dinas Dikbud Sultra dalam kendali Kepala Dinas Asrun Lio.

Dua lembaga berbeda itu kompak memberdayakan alumni Sekolah Menengah Kejuruan (SMK) agar bisa terjun ke dunia usaha dan industri secara maksimal. Komitmen dua lembaga itu akan dituangkan dalam penandatangan Memorandum of Understanding (MoU) antara Ketua Umum Kadin Sultra, Anton Timbang dan Kepala Dinas Dikbud Sultra, Anton Timbang pada Kamis, 9 September 2021.

“MoU ini terkait pembinaan dan pengembangan pendidikan vokasi dan kewirausahaan pada SMK dan penggalian kompetensi yang dibutuhkan pasar kerja ke depan agar bisa memenuhi kebutuhan dunia usaha dan industri,” ujar Ketua Umum Kadin Sultra, Anton Timbang melalui Wakil Ketua Umum (Waketum) Bidang Organisasi, Muh. Syawal Rigay, Senin (6/9).

Waketm Kadin Sultra, Muh.Syawal Rigay (dua dari kiri) dan Kepala SMKN 1 Kendari, Ali Koua (dua dari kanan) bersama jajaran usai diskusi rencana MoU antara Kadin dan Dikbud Sultra.

Sementara itu, Kepala SMKN 1 Kendari, Ali Koua, mengatakan MoU ini berangkat dari kerja sama Kemendikbud Ristek dan Kadin Pusat. Salah satu poinnya, Kadin berperan strategis memfasilitasi kepentingan SMK, dunia usaha dan dunia industri. “SMK tak mampu sendiri dalam memfasilitasi siswa dan alumninya masuk ke dunia industri. Harus ada jembatan antara keduanya, dan mitra yang strategis dan diatur dalam pemerintahan adalah Kadin,” ujarnya. (ndi/b)

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Most Popular

To Top