Metro Kendari

Jembatan Teluk Segera Difungsikan

KENDARINEWS.COM — Jembatan Teluk Kendari bakal segera difungsikan. Rencananya, uji laik jembatan yang menelan anggaran Rp 800,9 miliar akan dilaksanakan 3 s.d 4 Oktober. Saat ini, pengerjaan jembatan sepanjang 1,34 kilometer (km) ini tinggal menyisakan oprit kawasan Kota Lama.

Progres pembangunan jembatan Teluk Kendari telah masuk tahap finishing. Awal Oktober ini, pemerintah berencana melakukan uji layak jembatan yang menelan anggaran cukup besar ini

Pejabat Pembuat Komitmen (PPK) 2.5 Satuan Kerja (Satker) Pelaksanaan Jalan Nasional (PJN) Wilayah II Sultra, Ichsan mengungkapkan pembangunan jembatan teluk sudah dalam proses finishing. Prosesnya kini penyelesaian oprit kota lama di eks ruko yang dibongkar.

“Jadi saat selesai pembongkaran yang lalu, kita lanjutkan pemasangan dinding penahan tanah segmental, kemudian timbunan diiringi pemadatan, hingga nanti selesai teraspal. Dimana kisaran panjang yang belum selesai masih 25 meter sisi barat dan 35 meter sisi timur,”jelasnya.

Sebelum diresmikan penggunaanya, terlebih dulu akan dilakukan uji laik fungsi atau uji beban untuk memastikan kekuatan beban kendaraan yang akan melintas di atas jembatan. “Insya Allah rencana uji beban untuk laik fungsi akan dilaksanakan 3 sampai 4 Oktober. Setelah itu, akan dilanjutkan uji beban dan uji marka,” ungkap Ichsan.

Ia berharap jembatan Teluk Kendari dapat mendukung percepatan pemulihan ekonomi pasca pandemi. Apalagi daerah Poasia dan Pulau Bungkutoko akan dikembangkan menjadi kawasan industri, Pelabuhan Kendari New Port dan kawasan pemukiman baru. (b/rah)

Proyek Jembatan Teluk Kendari
-Pengerjaan Tahap Finishing
-3-4 Oktober Uji Laik Jembatan
-Anggaran Rp 800,9 Miliar
-Panjang Jembatan 1,34 Km
Ditargetkan Rampung Oktober

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Berita Terbaru Lainnya

To Top