Kolaka Timur

Jelang Kemarau, Waspada Karhutla


KENDARINEWS.COM — Musim kemarau mulai terasa pada sejumlah wilayah di Kabupaten Kolaka Timur (Koltim). Di Bumi Sorume itu memang kerap terjadi kebakarah hutan dan lahan (Karhutla), khususnya gambut saat musim kering. Kepala Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Koltim, Anzarullah, mengimbau masyarakat yang berada pada daerah rawan kebakaran hutan dan rawa untuk meningkatkan kewaspadaan. Ia juga meminta tetap menjaga lingkungan masing-masing supaya tak memicu kebakaran.

Mantan Kadis PU dan Perhubungan Koltim tersebut menyampaikan, peran serta masyarakat dan semua stakholder dalam mencegah kebakaran hutan, sangatlah besar. “Kalau petugas kebencanaan seperti kebakaran hutan, rumah dan kebakaran rawa, kami selalu siap 24 jam,” kata Anzarullah, Kamis (22/10).
Ia menyebutkan bencana yang kerap terjadi Koltim diantaranya, kebakaran hutan, rawa dan rumah, serta banjir, angin puting beliung, hingga tanah longsor.

“Kita harus selalu siaga dan sigap jika seketika terjadi kebakaran. Selain itu juga diupayakan ada langkah antisipasi dari warga dalam mencegah terjadinya peristiwa tersebut,” imbuhnya. (c/kus)

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Berita Terbaru Lainnya

To Top