Metro Kendari

Jelang Idul Adha, Stok Bahan Pokok di Kendari Capai 3 Ribu Ton

KENDARINEWS.COM — Ketersediaan bahan pokok di Kota Lulo jelang Idul Adha cukup melimpah. Hingga kemarin, stoknya masih ada 3.194,57 ton. Ribuan ton bahan pangan itu diprediksi bisa memenuhi kebutuhan warga metro selama sepekan ke depan. Termasuk saat Hari Raya Iduladha 1442 Hijriyah yang jatuh pada 20 Juli 2021 mendatang.

Wali Kota Kendari, Sulkarnain Kadir mengimbau masyarakat untuk tidak khawatir mengenai kebutuhan pangannya terlebih di tengah Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) skala mikro. Pasalnya, ketersediaannya saat ini masih mencukupi. Bahkan cukup sampai lebaran (Hari Raya Iduladha) nanti.

“Saya sudah instruksikan Dinas Ketahanan Pangan dan Dinas Pedagangan untuk terus memonitoring ketersediaan pangan kita. Jika sudah mulai menipis cepat diupayakan pendistribusiannya. Supaya melimpah sehingga bisa dijangkau masyarakat,” kata Sulkarnain Kadir, kemarin.
Terpisah, Kepala Dinas Ketahanan Pangan Kendari, Hasria mengatakan, ribuan ton bahan pangan yang ada saat ini tersebar diseluruh distributor sembako di Kendari. Selain itu, sebagian stok bahan pangan juga sudah tersimpan aman dipedagang baik yang ada di pasar tradisonal maupun pasar modern (ritel).

Mantan Kepala Dinas Pengendalian Penduduk dan Keluarga Berencana (Disdalduk KB) Kendari ini merinci, surplus 3.194,75 ton bahan pangan ini berasal dari komoditi beras 2.983,37 ton, Jagung 3,65 ton, bawang merah 23,34 ton, bawang putih 22,60 ton, cabai besar 8,45 ton, cabai rawit 1,40 ton, daging sapi/kerbau 8,02 ton, daging ayam ras 13,63 ton, telur ayam ras 6,98 ton, gula pasir 108,49 ton, dan minyak goreng 14,54 ton.

“Jadi totalnya masih ada sekitar 3 ribu ton. Sementara kebutuhan warga setiap pekannya hanya sekitar 700 ton dari 11 komoditas yang dihitung dalam neraca perdagangan,” ungkap Hasria.

Oleh karena itu, Hasri yakin ribuan ton bahan pangan yang ada saat ini bisa memenuhi kebutuhan masyarakat selama beberapa pekan kedepan, termasuk pada saat hari raya idul adha. Sebagai bentuk kesiagaannya, pihaknya yang tergabung dalam Satgas Pangan Kota Kendari bakal melakukan sidak pasar untuk memastikan bahan pangan tersedia di pasar dan bisa dijangkau masyarakat. (b/ags)

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Most Popular

To Top