Konawe Selatan

Jasad Nelayan Tampo Diserahkan ke Keluarga

KENDARINEWS.COM — Nelayan yang hilang di selat Tobea sekitar perairan Polewali Kabupaten Konawe Selatan (Konsel), Rabu (8/9) lalu sekitar pukul 11.15 Wita akhirnya ditemukan meninggal dunia. Jasad Dasman Jaya (32) ditemukan tim SAR gabungan, Minggu (12/9) sekitar pukul 10.50 Wita.

Peristiwa diawali tabrakan perahu nelayan dengan kapal tongkang yang ditarik oleh Tugboat Syukur 23 rute Kolonodale – Kabaena di Selat Tobea. Pengemudi perahu atau longboat bernama, Dasman Jaya yang merupakan warga Jalan Lamuna, Kelurahan Tampo, Kabupaten Muna dinyatakan hilang.

Setelah ditemukan, jenazah korban langsung dievakuasi oleh Tim Pencarian dan Pertolongan (Search And Rescue) gabungan. Di bawa menuju pelabuhan Tampo untuk diserahterimakan kepada pihak keluarga. Usai ditemukan dalam radius sekitar 1,24 NM arah timur laut dari lokasi kejadian kecelakaan.

“Kemarin, kami bersama tim SAR gabungan menemukan korban yang hilang sejak Rabu kemarin, selanjutnya akan dievakuasi menuju pelabuhan Tampo untuk diserahkan kepada pihak keluarga, bertempat di Jalan Lamuna Kelurahan Tampo Kabupaten Muna,” kata Kepala Kantor SAR Kendari, Aris Sofingi melalui Humas SAR Kendari, Wahyudi.

Wahyudi mewakili seluruh tim yang terlibat turut berbelasungkawa yang sedalam-dalamnya kepada keluarga korban yang mengalami musibah kecelakaan tersebut. Sebelumnya, SAR gabungan yang terdiri dari Rescuer KPP Kendari, Babinsa Tampo, Pos Pol Air Tampo, Masyarakat sekitar dan keluarga korban telah melakukan operasi semaksimal mungkin.

“Operasi dilakukan sampai hari ke lima, pada pukul 10.50 Wita, Tim Rescue KPP Kendari yang berada di lapangan mendapatkan informasi dari pihak keluarga, bahwa korban telah ditemukan sekitar 1, 24 NM arah timur laut dari LKK. Tim langsung bergeser ke tempat penemuan tersebut,” ungkapnya.

“Pukul 11.55 Wita, Tim Rescue KPP Kendari tiba di lokasi dan langsung mengevakuasi korban dalam keadaan meninggal dunia. Selanjutnya korban dibawa menuju pelabuhan tampo untuk diserahterimakan ke pihak keluarga,” tambahnya.

Dengan ditemukannya korban, operasi SAR terhadap Kecelakaan Kapal tugboat Syukur 23 yang tabrakan bersama satu buah Longboat di selat Tobea sekitar perairan Polewali Kabupaten Konsel dinyatakan selesai dan ditutup. (b/ndi)

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Most Popular

To Top