Metro Kendari

Jaringan Satu Data Dimatangkan, Diskominfo Sultra Safari ke Daerah

KENDARINEWS.COM — Pemprov Sultra terus mendorong peningkatan jaringan satu data. Tidak hanya sebatas Organisasi Perangkat Daerah (OPD) lingkup Pemprov Sultra, namun juga membangunan konektifitas satu data di 17 Pemda di Sultra. Saat ini, Pemprov tengah menyiapkan viber optik yang bisa terkoneksi dengan seluruh daerah. Guna optimalisasi program itu, Kepala Dinas Komunikasi dan Informatika (Kominfo) Sultra, Ridwan Badallah melakukan safari di sejumlah daerah. Kamis (8/9), Diskominfo berkunjung ke Konawe dan Kolaka Timur (Koltim). Kunjungannya ini tak lain untuk membangun sinergitas dan menyatukan persepsi tentang program satu data ini.

Ridwan Badallah mengatakan penerapan satu data ini akan dimulai tahun 2021. Makanya, pihaknya terus melakukan berbagai persiapan. “Jadi, kita akan optimalkan. Nantinya, tiap daerah akan membangun sebuah viber optik yang akan terkoneksi satu titik dengan Kominfo Sultra, “jelasnya. Program ini kata dia, dimaksudkan untuk mewujudkan smart city sebagaimana yang teruang dalam visi-misi gubernur. Yang mana, membangun pemerintahan modern dan good flash goverment sehingga dapat memberikan pelayanan ke tingkat kelurahan hingga kecamatan secara modern.

“Untuk itulah, penataan di daerah akan jauh lebih baik. Sebab kabel-kabel tidak ada lagi ditiang-tiang. Tetapi semua kabel-kabel itu dibawah tanah, sebab jika masih di tiang-tiang itu meperjelek tata kota. Jadi, kita akan bangun jaringan dibawah tanah. Program ini sebetulnya dari masyarakat dan untuk masyarakat. Fungsinya adalah untuk mempermudah masyarakat melakukan transaksi baik dalam bentuk informasi, transaksi dalam kebutuhan pelayanan dan dalam bentuk kebutuhan data, “tukasnya.

Kepala Bidang (Kabid) Penyelenggaraan E Goverment, Kominfo Konawe Chandra, mengatakan telah mengalokasi anggaran VO tahun 2021. Ia meyakni program jaringan satu data bisa berjalan. VO ini tanya hanya terkoneksi dengan OPD, namun juga kecamatan dan kelurahan namun hingga ke desa. “Jadi nantinya kita akan buat VO yang akan terkoneksi data terpadu bersama Kominfo Provinsi. Saya kira program smart city ini akan sangat bagus. Sehingga nanti, kita di Konawe akan terpadu jaringan informasi bukan hanya dengan Provinsi tetapi hingga ke desa-desa. Tetapi dukungan dari Pemprov Sultra juga , ” jelasnya. (c/rah)

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Berita Terbaru Lainnya

To Top