Buton

Jaringan Pipa di 21 Desa di Buton Dirampungkan

KENDARINEWS.COM — Anggaran sebesar Rp 16 miliar dari dana alokasi khusus (DAK) pada tahun 2021 ini, dikelola pihak Dinas Perumahan dan Pemukiman Kabupaten Buton. Salah satu proyek strategis yang dilakukan dengan dana itu adalah pembangunan jaringan distribusi perpipaan air bersih pada lima kecamatan.

Proyek tersebut sudah dimulai sejak Juli lalu. Progresnya kini sudan mencapai angka 60 persen. Plt. Kepala Dinas Perumahan dan Pemukiman Kabupaten Buton, Nurul Kudus Tako, menjelaskan, sesuai rencana kerja, September ini seluruh jaringan pipa dari sumber air ke rumah warga sudah tersambung. “Progres pekerjaan 60 persen, bulan ini kalau tidak ada halangan sudah selesai,” katanya, Senin (13/9).

Nurul Kudus Tako

Terdapat 21 desa di lima kecamatan yang sebentar lagi bisa menikmati air bersih langsung dari rumah masing-masing. Yakni Kecamatan Kapontori, Lasalimu, Lasalimu Selatan, Siontapina dan Wolowa. Jika program tersebut tuntas dengan baik, kepercayaan Pemerintah Pusat akan meningkat. Sehingga membuka peluang bagi daerah mendapatkan program yang sama pada tahun-tahun mendatang. “Bulan lalu sudah kami ikuti desk dari Kementerian PU-PR. Kita ada peluang dapat lagi dan mengusulkan 10 desa untuk tahun depan itu,” tandas Nurul Kudus Tako. (c/lyn)

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Most Popular

To Top