Jaringan Internet Lemot? Ketahui masalahnya di sini

Berikut langkah-langkah pengecekan yang dapat dilkukan :

KENDARINEWS.COM — Pernahkah anda mengalami akses pada jaringan internet melambat bahkan tidak terhubung sama sekali? Padahal secara teknis kabel atau wifi sudah terhubung.

  1. Cek IP Adress 
    Jika anda akses internet melalui LAN Kabel atau Wife yang terhubung ke router, maka yang harus diketahui lebih dulu IP Router. Caranya dengan masuk ke Run kemudian ketik CMD. Setelah tampil, ketik pada prompt PING IPCONFIG/ALL dan enter, kan muncul IP defaul gateway adalah IP Router.
  2. Setelah mengetahui IP Address (misalnya 192.168.0.1) , selanjutnya masih gunakan CMD dan ketik : Ping 192.168.0.1 <enter>
  3. Jika jaringan baik maka akan muncul 
    Replay from 192.168.0.1 bytes = 32 times = … TLS 
    Semakin kecil nilai times, makin cepat jaringan anda.
  4. Jika jaringan bermasalah maka yang muncul antara adalah :
    – Request Time Out : Ping membutuhkan waktu lebih dari empat detik atau 4.000 milidetik. Penyebabnya bisa karena kemacetan jaringan, firewall yang disetel untuk menghentikan lalu lintas tertentu, kabel atau port yang rusak, dan lainnya.
    – Unknown host: Host yang diperiksa tidak dikenali. Kamu bisa mengecek ulang alamat IP atau sambungan router, apakah sudah baik atau belum. – TTL expired in transit: Ping sudah melebihi batas maksimal yang diizinkan.
    General failure: masalah Ping ini disebabkan karena komputer tidak memiliki pengaturan TCP/IP yang tepat. Mungkin saja ada masalah dengan router.

Cara tersebut di atas untuk melihat kecepatan koneks dan masalah jaringan internet.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *