Kolom

Jangan Ada “Raja” di Antara Kita, Oleh: H. Nur Alam, S.E., M. Si.

Ada satu lagi catatan penting sebagai bekal untuk seorang pemimpin, yaitu dia harus membawa energi yang bersifat positif, tidak selalu berprasangka buruk, tidak menciptakan kecurigaan yang tidak perlu antara satu dengan lainnya, dan selalu menggunakan energi positif untuk membina hubungan horisontal dan vertikal dengan masyarakatnya.

Pemimpin sukses adalah pemimpin yang dapat mengendalikan diri, tulus dalam mengabdi, mau bersinergi, ikhlas melayani, selalu tabah dan sabar dalam menyikapi perubahan lingkungan strategis, dan terus berjuang untuk memberdayakan banyak orang. Dan yang terakhir adalah, selalu menciptakan lingkungan kerja yang positif dan kondusif.

Sebagai penutup, saya mau mengingatkan, meski sejarah mencatat bahwa dulu Sulawesi Tenggara pernah menjadi wilayah kesultanan dan kerajaan, tapi sekarang Sultra adalah sebuah provinsi yang merupakan bagian dari wilayah NKRI, yang menganut sistem pemerintahan presidensial. Presiden adalah kepala negara sekaligus kepala pemerintahan. Berarti, tak ada satu alasan pun yang bisa menjadi dasar bagi siapa saja untuk bersikap sebagai raja-raja kecil di Sultra. Sultra adalah milik kita Bersama. Oleh karena itu, mari kita jaga, kelola, dan awasi bersama agar negeri yang kaya dan indah ini tetap utuh dan masyarakatnya damai sejahtera. (*)

Dirgahayu Sulawesi Tenggara

  • Penulis adalah Gubernur Sulawesi Tenggara periode 2008-2013 dan 2013-2018.

Laman: 1 2 3 4

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Most Popular

To Top