Metro Kendari

Jambore Kader PKK ke-IX Tingkat Provinsi Resmi Dibuka

KENDARINEWS.COM — Gubernur Sultra, Ali Mazi membuka kegiatan Jambore Kader PKK tingkat provinsi tahun 2021, kemarin. Menurutnya, kegiatan ini merupakan salah satu ajang dan upaya menambah wawasan, pengetahuan dan saling bertukar informasi serta berbagi pengalaman. Dan yang tak kalah pentingnya adalah sarana mempererat rasa persaudaraan dan persahabatan serta memperkuat semangat kebersamaan di antara kader-kader PKK se-Sultra.

Gubernur Sultra Alimazi, membuka Jambore Kader PKK tingkat Provinsi Sultra

“Kepada kader – kader PKK di semua tingkatan dapat memanfaat momentum ini dengan sebaik-baiknya.Guna memaksimalkan kinerja kader PKK dalam melaksanakan 10 program pokok PKK di wilayah masing-masing. Sesuai dengan tema yang diusung pada kegiatan ini yakni melalui Jambore kader PKK tingkat provinsi Sulawesi Tenggara menuju PKK Bersatu dan Berkinerja,” kata Ali Mazi dalam sambutannya, Senin (6/9).

Gubernur Sultra Ali Mazi sebagai inspektur upacara pembukaan Jambore Kader PKK tingkat Provinsi Sultra

Tema tersebut, sambung Ali Mazi, seyogyanya dimaknai sebagai pesan penyemangat dan pendorong bagi setiap kader PKK dari 17 kabupaten/kota se-Sultra, agar memiliki visi dan misi yang sama. Dengan kesatuan gerak langkah, seiring dan seirama dalam menghadirkan kinerja kader PKK yang lebih berdaya guna dan bernilai. “Manfaat dalam rangka mewujudkan keluarga yang bertaqwa, berahlak mulia dan berbudi luhur, sehat sejahtera, serta maju dan mandiri,” ujar Ali Mazi.

PJ. Ketua TP PKK Sultra Ny. Hj. Nur Endang A. Trio, SE, M.Si (tengah) foto bersama Tim Penggerak PKK Sultra.

Gubernur dua periode itu menambahkan, pemberdayaan masyarakat melalui peningkatan peran gerakan PKK, tentu saja harus selaras sesuai dengan perkembangan dan tuntutan kebutuhan masyarakat yang semakin meningkat. “Saya berharap agar tim penggerak PKK dan kader-kader PKK dapat bersinergi dengan pemerintah dan berbagai stakeholder terkait. Sebagai mitra pemerintah, tim penggerak PKK harus mensinergikan segala bentuk program yang dikembangkannya sendiri dengan program pemerintah,” tandas politisi NasDem itu. (ali/adv)

Nur Endang Abbas Ajak Kader PKK Lanjutkan Gagasan Almarhumah Agista

Semangat kader PKK dalam berkarya tak pernah memudar meski di tengah pandemi covid- 19. Bertepatan dengan ekspose tiga tahun kepemimpinan Gubernur Ali Mazi dan Wakilnya Lukman Abunawas, kader PKK menggelar Jambore secara virtual berpusat di Aula Bahteramas, Senin (6/9).

Pj Ketua PKK Sultra, Nur Endang Abbas mengatakan, kegiatan jambore kader PKK tingkat provinsi merupakan agenda tahunan tim penggerak PKK. Penyelenggaraan tuan rumah dilakukan secara bergilir di tiap kabupaten dan kota. Pelaksanaan jambore berturut-turut telah dilaksanakan di Buton Utara, Wakatobi, Konawe Utara, Kota Baubau, Kolaka, Konawe Selatan dan Kabupaten Muna. “Tahun 2021 ini adalah jambore kader PKK tingkat Sultra yang ke IX.

PJ. Ketua TP PKK Sultra Ny. Hj. Nur Endang A. Trio, SE, M. Si, saat membacakan laporan panitia

Seyogyanya dilaksanakan di Kolaka Utara. Namun karena kondisi Covid-19 yang sampai sekarang ini belum berakhir, maka pelaksanaan jambore kader PKK secara virtual. Alhamdulillah pelaksanaan jambore PKK bertepatan dengan expose pembangunan tiga tahun pemerintahan AMAN,” kata Nur Endang Abbas, Senin (6/9).

PJ. Ketua TP PKK Sultra Ny. Hj. Nur Endang A. Trio, SE, M. Si (enam dari kanan), foto bersama Tim Penggerak PKK Sultra.

Kendati masih berada di tengah- tengah duka yang dalam, kata dia, tapi semangat mendiang almarhumah ibu Agista Ariany Ali Mazi membuat tim penggerak PKK kabupaten/kota se-Sultra bertekad meneruskan berbagai program dan ide almarhum untuk eksistensi TP PKK Sultra. “Tema jambore kader PKK Sultra tahun 2021 adalah melalui jambore kader PKK tingkat Provinsi Sulawesi Tenggara, PKK Bersatu dan Berkinerja. Hal tersebut bermakna agar setiap kader PKK senantiasa bersatu dan meningkatkan kemampuan dan wawasannya agar dapat menyesuaikan dengan dinamika yang berkembang di tengah masyarakat,” jelas mantan Kepala BKD Sultra ini.

Sekda Pemprov Sultra itu menjelaskan tujuan pelaksanaan jambore kader PKK Sultra yaitu menambah wawasan pengetahuan, persaudaraan dan silaturahmi sekaligus sebagai media kreativitas/inovasi bagi kader dan dapat memotivasi para kader untuk meningkatkan kinerjanya dalam rangka mewujudkan keluarga yang sehat dan sejahtera. “Jambore kader PKK Sultra 2021 akan dilaksanakan selama tiga hari. Mulai 6-8 September 2021,” ujarnya.

Kegiatan jambore kader PKK tingkat Sultra ini, diresmikan langsung Gubernur Ali Mazi. Rangkaian acara berupa pergelaran lomba. Diantaranya lomba defile/yel-yel. Lomba penyuluhan terdiri dari 5 yakni penyuluhan sekretariat, dengan judul Pembinaan Kelompok Dasa Wisma. Penyuluhan Pokja I dengan judul Pola Asuh Anak dan Remaja di Era Digital pada Masa Pandemi Covid-19.

Penyuluhan Pokja II dengan judul Pengelolaan UP2K-PKK. Penyuluhan Pokja III, dengan judul Diversifikasi Pangan dan Pemenuhan Gizi Keluarga. Penyuluhan Pokja IV, dengan judul Pencegahan dan Penanganan Stunting. “Kemudian Lomba kesenian dan lomba senam Tobelo. Biaya yang digunakan pada pelaksanaan jambore kader PKK tingkat Sultra ini bersumber dari APBD Sultra tahun 2021 melalui DPA Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa Sultra,” tutupnya. (Ali/adv)

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Most Popular

To Top