Kolaka Timur

Jaga Sanitasi Lingkungan, Pemkab Koltim Imbau Warga Stop BAB Sembarang!


KENDARINEWS.COM — Deklarasi stop buang air besar (BAB) sembarangan dikampanyekan Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Kolaka Timur (Koltim). Terbaru, kegiatan tersebut dihelat di Tetembuta, Kecamatan Dangia. Bupati Koltim, H. Tony Herbiansyah menyampaikan, masyarakat harus sadar akan pentingnya menjaga kesehatan. Terutama membuang air besar pada tempatnya. Di tengah pandemi virus corona, masyarakat harus dapat menjaga imun tubuh.

Deklarasi stop BAB sembarangan dikampanyekan Pemkab Koltim di masyarakat. Tampak Bupati Koltim, H. Tony Herbiansyah (empat dari kiri) ketika menghadiri seremolial penerapan program tersebut di Tetembuta, Kecamatan Dangia.

Dia menambahkan, sistem sanitasi yang baik perlu ada di lingkungan masyarakat. “Program ini kita deklarasikan agar semua tahu dan mengerti menjaga dan dapat mewujudkan masyarakat cerdas, produktif dan religi serta mempertahankan protokol kesehatan dalam pencegahan Covid-19,” ujar mantan Wakil Bupati Konawe itu, kemarin.

Tony Herbiansyah menyampaikan, jika semua rumah warga memiliki jamban, maka kesehatan akan semakin baik. Lingkungan jadi bersih, sehat, nyaman dan tidak berbau. Tidak mencemari sumber air yang dapat dijadikan bahan baku air minum atau untuk kegiatan sehari-hari seperti mandi, cuci dan lain sebagainya. “Juga tidak mengundang serangga dan binatang yang dapat menyebarluaskan bibit penyakit, sehingga dapat mencegah penyakit menular. Saya sudah tanda tangani prasasti Stop BAB Sembarangan. Masyarakat harus menyeriusi program ini,” tandas Tony Herbiansyah. (c/kus)

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Berita Terbaru Lainnya

To Top