Muna

Jadikan Muna Timur Kawasan Ekonomi Baru, Lima Kecamatan Dijatah Rp 47 Miliar

KENDARINEWS.COM — Perhatian Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Muna terhadap pengembangan kawasan Muna Timur cukup besar. Tahun 2021, Pemkab telah mengalokasikan anggaran senilai Rp 47 miliar melalui APBD-nya. Anggaran itu merupakan ‘jatah’ pembangunan untuk lima kecamatan di daerah itu. Bupati Muna, LM Rusman Emba menerangkan, anggaran tersebut diturunkan dalam berbagai program pembangunan. Antara lain pembangunan infrastruktur jalan, talud, air bersih maupun sanitasi. Distribusinya meliputi kecamatan Maligano, Batukara, Wakorumba Selatan, Pasir Putih dan Pasikolaga.

“Program itu merupakan aspirasi masyarakat yang diusulkan melalui Musrembang tahun 2020. Secara bertahap pemerintah berupaya menjawab satu per satu,” jelasnya saat menghadiri kegiatan Musrembang Kabupaten untuk tahun 2022 di Pure, Senin (15/3). Rusman menerangkan, wilayah Muna Timur Raya atau Mutiara merupakan kawasan strategis nasional untuk pengembangan transmigrasi unggulan yang sudah dicanangkan dalam RPJMN 2020-2024. Makanya, Pemkab memberikan prioritas pada pengembangan infrastruktur dan penguatan pelayanan publik sesuai kebutuhan masyarakat.

“Visi pemerintah adalah menjadikan Muna Timur sebagai pusat ekonomi baru. Makanya kami terus berupaya menjawab semua kebutuhan masyarakat baik infrastruktur maupun pelayanan publik,” paparnya. Sementara itu, Kepala Badan Perencana Pembangunan Daerah Kab. Muna, La Mahi menjelaskan, Musrembang Kabupaten tindak lanjut dari agenda serupa ditingkat desa dan kecamatan. Kegiatan itu merupakan upaya menjaring aspirasi masyarakat kaitannya dengan program prioritas untuk tahun 2022 mendatang. Usulan dari setiap kecamatan selanjutnya akan dijabarkan sesuai tugas pokok dan fungsi organisasi perangkat daerah (OPD) selaku pelaksana teknis.

“Hasilnya akan dirumuskan berdasarkan skala prioritas. Sehingga anggaran yang terbatas bisa dimanfaatkan dengan efektif dan efisien,” jelasnya. La Harmini, anggota DPRD Muna daerah pemilihan Muna Timur mengatakan, usulan masyarakat masih lebih banyak soal infrastruktur dan pemberdayaan ekonomi. Ia memastikan akan mengawal seluruh aspirasi pembangunan tersebut hingga dapat terealisasi ke dalam APBD. (b/ode)

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Most Popular

To Top