Konawe Selatan

Izin Lingkungan PT GMS Terancam Dibekukan

Riswan Mangidi

KENDARINEWS.COM– Dinas Lingkungan Hidup (DLH) Kabupaten Konawe Selatan telah memanggil manajemen PT Gerbang Multi Sejahtera (GMS) yang saat ini beroperasi di Keca­matan Laonti. Pemanggilan pihak perusahan pertam­bangan itu dalam rangka memenuhi kewajibannya menyerahkan laporan pen­golahan lingkungan.

Dari hasil klarifikasi yang dilaku­kan DLH Konsel diketahui, perusahaan ternyata belum memenuhi kewajiban tersebut. Pihak PT GMS diberi waktu 60 hari pasca klarifikasi kelengka­pan dokumen izin pengolahan lingkungan itu.
Penegasan tersebut disampaikan Pelaksana Tu­gas (Plt) Kepala DLH Konsel, Riswan Mangidi, Jumat (25/6).

“Aturannya, dalam jangka waktu 60 hari. Jika tidak me­lengkapi, maka akan dilaku­kan pem­bekuan izin,” ungkapnya. Riswan menjelas­kan, sebelumnya pihak DLH telah beberapa kali melaku­kan klarifikasi dan monitoring di lokasi kegiatan perusahaan tersebut. Dari data petugas DLH Kabupaten, PT GMS ter­akhir melakukan pelaporan pengelolaan lingkungan itu pada September tahun 2020.

Untuk tahun ini, pihak pe­rusahaan seolah enggan un­tuk memperbaharui dokumen pelaporannya. “Bahkan sam­pai kita surati dua kali. Saat ini kami beri waktu pengurusan administrasi kelengkapan do­kumen terhitung 45 hari sejak melakukan klarifikasi di DLH,” tandas Riswan Mangidi. (b/kam)

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Most Popular

To Top