Knowledge

Ini Rahasia Umur Panjang

KENDARINEWS.COM — Bisa berumur panjang tentu menjadi dambaan banyak orang, walaupun terkait umur ini bukan domain manusia, tetapi riset menunjukkan umur panjang sangat terkait dengan pola dan gaya hidup sehat. Orang dengan pola dan gaya hidup sehat cenderung berumur panjang dibanding orang yang serba instan.

Dalam buku,” Menjalani Pola dan Gaya Hidup Sehat” karya Aden R, dicontohkan pada rahasia umur panjang orang Jepang. Jepang menjadi fonomena, satu dasawarsa sebelum perang dunia II, Usia Harapan Hidup (UHH) Orang Jepang hanya sampai 45 tahun, saat ini , rata-rata penduduk jepang meninggal pada rata-rata usia 82,4 tahun.

Di Provinsi Okinawa, jepang, misalnya, banyak yang berusia 140 tahun, bahkan hingga 160 tahun. Penelitian menunjukkan orang Okinawa ternyata tidak mengenal gorengan . Semua pangan dimasak dengan cara di rebus, dikukus, atau dibakar. Inilsh yang menjadi rahasia panjang umur orang OKInawa: pola makan yang bebas lemak.

Ilustrasi

Penduduk Okinawa sangat menyukai sayur-sayuran dan umbi-umbian yang ditanam di depan rumahnya . Sayur-sayuran itu tanpa mnggunakn pestisida. Adapun sumber pangn utama adalah Ubi Merah, tanaman lokal yng tumbuh ubur di derh trsebut. SEbgai menu tambahan penduduk Okinwa memkonsumsi iKan laut, rumput laut dan buah paria. Di Okinawa juga tidak ada junk food dan tidak ada produk makanan dalm kaleng.

Soal pola makan, orang Okinawa juga pandai merawat lambungnya. Empat belas abad lalu Nabi Muhammad SAW mengajarkan, “Makanlah sebelum lapar, dan berhentilah makan sebelum kenyang,” dan orang Okinawa juga punya filosofi yang sama yakni, makan hanya 8/10 kenyang.

Lambung manusia terdiri atas 1/3 ruang udara, 1/3 ruang air, dan 1/3 ruang makanan . Kalau jumlah makanang mengambil ruang-ruang lainnya, itu akan membuat lambung bekerja lebih keras.

Pola makan tentu bukan segala-galanya, . Rahasia Umur pangjang bukn hanya di lambung tetapi juga di dada. Perlu gaya hidup dan sikap mental positif agar kita panjang usia. Salah satu sikap positif yang wajib dimiliki adalah Ihklas. Berserah diri kepda Tuhan , Bersyukur jika mendapatkan yang diinginkan, bersabar jika tak memperoleh yang diimpikan . Inilah obt mujarab untuk melawan stres.

Tentu saja tips di atas ditinjau dari segi kesehatan, selebihnya merupakan ketentuan dan rahasia Illahi, mengingat masalah umur merupakan preoregatif Allah SWT. Artinya, sekeras apapun upaya menjaga kesehatan, namun bila sudah ajal, maka tidak ada yang bisa ditahan menghambat. (KN)

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Most Popular

To Top