Ibu Kota ke Kaltim : Ali Mazi Dukung Kebijakan Presiden Jokowi – Laman 3 – Kendari News
HEADLINE NEWS

Ibu Kota ke Kaltim : Ali Mazi Dukung Kebijakan Presiden Jokowi

Sepanjang tidak terbangun konektivitas yang baik, daerah terdekat seperti Sultra tidak akan mendapat keuntungan dari segi pembangunan ekonomi. Bahkan yang mungkin terjadi adalah high cost yang disebabkan perubahan alur distribusi logistik atau alur kegiatan ekonomi. “Kuncinya hanya satu yakni konektivitas yang terbangun. Jika ini dilakukan, dalam artian penghubung kegiatan perdagangan antar pulau terbangun, transportasi udara dan laut sudah tersambung, maka dampaknya terhadap perekonomian baik regional Kalimantan maupun antar pulau akan terasa,” pungkas dosen Ilmu Ekonomi UHO ini.

Pakar Pendidikan Sultra, Prof. Abdullah Alhadzah meyakini itu. Dia berpandangan pengaruh pemindahan ibu kota negara tidak signifikan di dunia pendidikan di Sultra. “Pemindahan ibu kota negara tidak akan dibarengi dengan pemindahan kampus ternama ke lokasi ibu kota yang baru. Misalnya, UI, UGM, ITB yang menjadi kampus kualitas terbaik di Indonesia. Tidak ikut pindah dan tidak harus buka cabang di ibu kota baru,” ujar kepada Kendari Pos, Selasa (27/8).

Pelajar dan mahasiswa yang menempuh pendidikan di luar Sultra tidak dipengaruhi letak kampus atau sekolah yang berada di ibu kota, tetapi karena segi kualitas lembaga pendidikannya. “Pemindahan ibu kota ini sebenarnya sangat baik. Beban Jakarta terlalu berat. Kapasitasnya tidak bisa lagi menampung banyak yang semakin hari semakin padat,” pungkas guru besar Universitas Muhammadiuah Kendari (UMK) itu di ruang kerjanya.

Laman: 1 2 3 4 5 6

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Berita Terbaru Lainnya

Copyright © 2015 PT. Media Kita Sejahtera Jl. Malik Raya No.50 Mandonga, Kendari - Sultra, Hp: 08114052225 (sms) Email: kendariposonline@gmail.com Time: Monday, 30 October 2017 07:12:21

To Top