HEADLINE NEWS

Hujan Disertai Angin Kencang Landa Konawe : 4 Rumah Rusak, Sejumlah Pohon Tumbang

KENDARINEWS.COM — Bencana angin puting beliung memporak-porandakan beberapa pemukiman warga di Konawe, Senin (5/4). Hujan disertai angin kencang yang terjadi sejak siang hari juga membuat ambruk sejumlah pohon-pohon pelindung. Berdasarkan update Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Konawe, ada empat rumah yang disapu angin kencang tersebut. Tiga unit rumah warga di Kecamatan Wawotobi dan satu di Unaaha.

Plt Kepala BPBD Konawe, Herianto Pagala melalui Kabid Logistik dan Kedaruratan, Samsul, mengatakan, puting beliung terjadi Senin (5/4) sekira pukul 14.00 Wita. Meski berlangsung beberapa menit saja, hujan dan tiupan angin kencang merobohkan satu unit rumah di Kecamatan Unaaha. Sementara di kecamatan Wawotobi, dua unit rumah di Desa Pusinauwi dan satu unit lainnya di Kelurahan Kasupute, juga tersapu puting beliung.

“Beberapa pohon juga ikut tumbang. Itu terjadi di banyak titik di jalan poros Unaaha maupun di lorong-lorong pemukiman warga,” ujar Samsul, Senin (5/4). Samsul menyebut, tim dari BPBD Konawe saat ini terus melakukan inventarisasi terhadap warga yang rumahnya tersapu puting beliung. Warga pemilik rumah roboh didata sebagai bahan rujukan Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Konawe untuk menentukan langkah penanganan selanjutnya. “Kami hanya bisa menyalurkan bantuan kebutuhan pokok para korban. Kita koordinasikan dengan pihak Dinas Sosial. Untuk penanganan terhadap rumah yang rusak, itu akan kami komunikasikan dengan Dinas PUPR Konawe,” tandas Samsul. (b/adi)

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Berita Terbaru Lainnya

To Top